Sukses

Transformasi Posisi Egy di Timnas Indonesia U-19

Di Timnas Indonesia U-19, Egy dimainkan sebagai winger kanan oleh pelatih indra Sjafri.

Liputan6.com, Jakarta - Egy Maulana tidak bermain sebagai gelandang serang di Timnas Indonesia U-19. Ia dipercaya pelatih Indra Sjafri bermain lebih maju, yakni sebagai winger kanan. Namun, perubahan posisi itu bukan masalah bagi Egy.

Egy sudah jadi langganan Timnas Indonesia sejak Fachri Husaini melatih level U-16. Sayang, ketika itu, ia dan rekan-rekannya gagal berlaga di Piala AFF U-16 akibat kisruh yang melanda PSSI.

Saat kondisi sepak bola Indonesia kembali kondusif, Egy pun kembali dipanggil untuk menjadi peserta pemusatan latihan (TC)  Timnas Indonesia U-19. Di bawah asuhan Indra Sjafri, Egy menjadi pemain yang paling menonjol.

Saat TC baru dimulai, Indra Sjafri masih memplot Egy sebagai gelandang serang. Tapi, ia justru dipasang sebagai winger kanan kala Timnas Indonesia U-19 melakoni laga uji coba kontra Patriot FC, 27 April 2017. Hebatnya, Egy membayar kepercayaan itu dengan menyumbang satu gol dari kemenangan 2-0.

"Dulu memang gelandang serang, sekarang jadi winger kanan. Bagi saya sama saja. Jadi sayap kanan bukan berarti saya hanya di kanan saja, jadi juga masuk ke tengah juga. Sama saja seperti gelandang serang, hanya bedanya adalah agak ke kanan saja," kata Egy kepada Liputan6.com di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jumat (5/5/2017).

Jauh sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia U-19, pemain kelahiran Medan ini sudah membuktikan ketajamannya di beberapa ajang. Gelar top scorer sukses diboyong Egy kala berlaga di Piala Gothia 2016. Tim yang diperkuatnya, ASIOP Apacinti, juga tampil sebagai juara.

Sukses serupa kembali diraih pemain kelahiran 7 Juli 2000 itu kala memperkuat Persab Brebes di Piala Soeratin 2016. Selain membawa Persab juara, ia juga dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak, yakni 22 gol.

"Main lebih ke depan, tentu kami dituntut untuk mencetak gol. Tugas utama saya kan membantu sektor serangan, dan gol tentu adalah tujuan saya," ujar dia.

Saat ini, Egy dan rekan-rekannya sedang dipersiapkan untuk mengasah kemampuan di Turnamen Toulon 2017 pada 29 Mei - 10 Juni 2017. Sebelum itu, mereka akan menjalani TC di Bali dan melakoni tiga laga uji coba pada 12-21 Mei 2017.

Semua agenda itu adalah bentuk persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju dua turnamen penting. Mereka akan berlaga di Piala AFF U-18 di Myanmar pada 4-17 September 2017, dan kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan pada 31 Oktober - 8 November 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.