Sukses

De Gea Hengkang, MU Bidik Kiper Atletico Jadi Pengganti

MU jadikan kiper Atletico sebagai calon nomor satu gantikan De Gea.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sudah punya pilihan siapa kiper yang bakal gantikan David de Gea jika jadi hengkang ke Real Madrid. MU dikabarkan sudah memilih Jan Oblak untuk menjadi pengganti De Gea.

MU sepertinya ingin melanjutkan tradisi rekrut kiper Atletico Madrid dengan pembelian Oblak. Seperti diketahui, De Gea juga merupakan jebolan Atletico Madrid yang diboyong MU pada 2011 lalu.

De Gea dikabarkan sudah ambil keputusan tinggalkan MU demi gabung Madrid. Ini merupakan kelanjutan dari ambisinya yang gagal gabung pada 2015 lalu gara-gara kurangnya berkas surat-surat.

Jika jadi, MU harus rogoh kocek dalam-dalam dalam merekrut Oblak. Maklum, klausul kontraknya bernilai 100 juta euro. Seperti dilansir Mirror, Oblak berada di posisi teratas kiper buruan MU.

Dia mengalahkan Joe Hart, Gianluigi Donnarumma dan Samir Handanovic yang juga masuk buruan MU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transfer Mahal

Jika jadi ke Real Madrid, De Gea kabarnya bakal dilepas dengan transfer 70 sampai 75 juta euro (Rp 1 Triliun). Nilai ini dua kali lipat dari penjualan Gianluigi Buffon ke Juventus pada 2001 lalu dengan transfer 33 juta euro.

Ini bakal menjadi rekor transfer untuk seorang kiper. Seperti dilansir Marca, banyak alasan Madrid inginkan De Gea musim depan.

Madrid misalnya butuh penyegaran di posisi kiper alias memudakan posisi ini. De Gea saat ini baru berusia 26 tahun dan dinilai cukup ideal untuk main beberapa musim lagi.

Selain itu, De Gea juga dinilai punya nilai jual yang bagus untuk Madrid. Meski begitu, MU juga punya kepentingan dengan transfer ini.

Manajer MU, Jose Mourinho dikabarkan tertarik untuk rekrut Alvaro Morata dan James Rodriguez. Setan Merah sepertinya berharap transfer De Gea ini bakal melibatkan dua pemain bintang itu.

3 dari 3 halaman

Utang Presiden Madrid

Transfer De Gea jadi semacam utang bagi Presiden Madrid, Florentino Perez. Seperti diketahui, transfer De Gea batal terlaksana pada 2015 lalu gara-gara alasan konyol.

Madrid dan MU dikabarkan gagal menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan saat bursa transfer ditutup. Padahal De Gea saat itu sudah siap ditukar dengan Keylor Navas.

Maka itu, untuk mencegah hal yang sama terulang, transfer De Gea sudah disiapkan jauh-jauh hari. Madrid sudah menyiapkan transfer De Gea untuk durasi lima atau enam musim.

Lalu bagaimana reaksi Mourinho terkait transfer ini? Dia belum mau terbuka soal rencana megatransfer ini.Meski begitu, sinyal kepergian De Gea mulai nampak saat dia tidak dimainkan lawan Sunderland 9 April lalu.

Mourinho berkilah De Gea sedang alami cedera. Faktanya, De Gea dikabarkan sedang bersitegang dengan Mourinho gara-gara isu transfer ini.

"Saya tak tertarik bicarakan soal spekulasi. Saya juga berpikir De Gea sebaiknya tidak bicarakan ini," ujar Mourinho seperti dikutip Marca.

"Akhir musim itu waktu yang tepat buat pemain untuk memikirkan apa yang terjadi dengan kariernya di masa mendatang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.