Sukses

Arab Saudi Masih Jadi Momok Menakutkan untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia belum meraih kemenangan atas Arab Saudi dari 11 pertemuan.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ‎ke Indonesia pada Rabu (1/3/2017). Raja Salman bakal berada di Indonesia hingga 9 Maret 2017.

Raja Salman rencananya akan membawa 25 pangeran dan 10 menteri dalam 1.500 rombongan dari negeri minyak tersebut. Dalam kunjungan ini, Arab Saudi berencana membangun kilang minyak dan pabrik petrokimia di Indonesia.

Namun sayang, Arab Saudi tidak ada tanda-tanda bakal berinvestasi di dunia sepak bola Indonesia. Andai saja Raja Salman melakukan hal tersebut, sepak bola Indonesia bisa saja berkembang secara drastis.

Sebab, Arab Saudi merupakan salah satu tim terbaik di sepak bola Asia. Bahkan, Arab Saudi masih menjadi momok yang menakutkan bagi Timnas Indonesia.

Seperti dikutip dari 11v11, Arab Saudi sudah menghadapi Timnas Indonesia sebanyak 11 kali sejak 30 September 1981. Skuat Garuda --sebutan Timnas Indonesia-- belum pernah mengalahkan Arab Saudi.

Arab Saudi tercatat mencatatkan sepuluh kemenangan dan meraih satu hasil imbang dari Indonesia.  Satu-satunya hasil imbang Timnas Indonesia melawan Arab Saudi terjadi pada 7 Oktober 2011.

Pertandingan uji coba yang berlansung di Stadion Selangor, Malaysia itu berakhir imbang tanpa gol. Ketika itu, Timnas Indonesia dilatih pelatih asal Belanda, Wim Risjbergen.

Kala itu, Wim bermain dengan pola 4-3-3 melawan Arab Saudi. Wim menurunkan tiga striker, yakni Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, dan Ferdinand Sinaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalah di SUGBK

Laga sengit antara Timnas Indonesia melawan Arab Saudi terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 23 Maret 2013 di babak Kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C. Dalam laga ini, Indonesia sebenarnya hampir mengalahkan Arab Saudi.

Sempat unggul cepat lewat sontekan Boaz Salossa di menit kelima, Indonesia akhirnya takluk setelah Yahya Al Shehri dan Yousef Al Salem membobol gawang Kurnia Meiga. Arab Saudi menang 2-1.

Boaz Salossa pernah mencetak gol ke gawang Arab Saudi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setahun kemudian, atau tepatnya pada 5 Maret 2014, Arab Saudi menyingkirkan Timnas Indonesia dari Kualifikasi Piala Asia 2015. Bermain di Mohamed bin Fahd Stadium, Arab Saudi menang tipis 1-0 atas Skuat Garuda.

Kemenangan tersebut memantapkan Arab Saudi di puncak klasemen Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015. Sedangkan Indonesia berada di dasar klasemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini