Sukses

Piala Afrika 2017: Ghana ke Semifinal, Maroko Kalah Dramatis

Di semifinal, Ghana bakal menghadapi tantangan Kamerun.

Liputan6.com, Port-Gentil - Ghana sukses mengamankan tiket semifinal Piala Afrika 2017 usai menang 2-1 atas Republik Kongo di Stade d'Oyem, Senin (30/1/2017) dinihari WIB. Berbeda dengan Ghana, Maroko justru harus angkat koper.

Melawan Kongo pada semifinal Piala Afrika 2017, Ghana sempat mendapatkan perlawanan sengit. Mereka terpaksa mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0. Kebuntuan Ghana baru bisa terpecahkan lewat aksi Jordan Ayew di menit ke-63.

Lima menit kemudian, Kongon mampu menyamakan skor lewat gol Paul Jose M'Poku. Untungnya, Ghana mendapatkan hadiah penalti setelah Joyce Lomalisa melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Kesempatan tersebut dimaksimalkan Andre Ayew di menit ke-77.

Buat Ghana, ini adalah kali keenam secara beruntun mereka tampil di semifinal Piala Afrika. Kini, kesempatan untuk meraih gelar juara pertama sejak edisi 1982 terbuka lebar buat tim asuhan Avram Grant tersebut.

Pada laga lain, Maroko dipaksa mengakui keunggulan Mesir di Stade de Port-Gentil. Laga sempat nyaris dilanjut ke babak tambahan karena kedua tim tak mampu menciptakan gol. Saat waktu normal tersisa tiga menit, Mesir mencetak gol kemenangan lewat Kahraba.

Di semifinal, Mesir bakal menghadapi tantangan Burkina Faso, tim yang menyingkirkan Tunisia, pada 1 Februari 2017. Sedangkan Ghana akan bertemu dengan Kamerun yang lolos setelah menang adu penalti atas Senegal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini