Sukses

Djarum Kudus Juara Kejurnas PBSI 2016

Liputan6.com, Jakarta Tim Djarum Kudus menjadi kampiun turnamen beru Kejuaraan Nasional (Kejurnas PBSI) 2016. Pada laga final di GOR Sritex, Solo, Sabtu (10/12/2016), Djarum Kudus mengalahkan juara bertahan Jaya Raya Jakarta dengan skor 3-0.

Bagi Djarum Kudus, sukses ini mengakhiri penantian selama enam tahun. Terakhir kali tim asal Kota Kretek ini menjadi juara beregu pada 2010 lalu di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Hasil ini memang sesuai dengan strategi kami, dimana kami mau mengamankan partai pertama karena kami kuat di sektor ganda campuran. Kami mengupayakan ganda campuran dimainkan di partai pertama dengan memainkan Debby (Susanto) rangkap di ganda putri," kata Fung Permadi, Manajer Tim Djarum Kudus.

"Selanjutnya, kami memang harus berterima kasih kepada Ihsan (Maulana Mustofa) dan (Mohammad) Ahsan/Kevin (Sanjaya Sukamuljo). Hari ini memang terlihat seorang pemain yang berpengalaman dapat menguasai situasi pada saat diperlukan, dan ini yang terjadi pada Ahsan/Kevin," ujar Fung lagi.

"Hari ini adalah proses dari empat tahun yang lalu, sejak 2014 kami memimpikan untuk juara lagi setelah juara di Makassar," tambah Fung.

2 dari 3 halaman

Ahsan/Kevin Jadi Penentu

Pasangan juara All England 2016 Praveen Jordan/Debby Susanto membuka kemenangan Djarum Kudus dengan mengalahkan Alfian Eko Prasetya/Greysia Polii. Di partai kedua, Ihsan Maulana Mustofa menyelesaikan tugasnya dengan baik usai menang atas Krisna Adi Nugraha.

Sempat tampil mengkhawatirkan dengan dua kekalahan di laga penyisihan dan semifinal, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo justru menjawab keraguan banyak pihak dengan menjadi penentu kemenangan tim Djarum Kudus. Keduanya menang atas andalan Jaya Raya Jakarta Hendra Setiawan/Angga Pratama.

"Kali ini kami bermain lebih fokus dan lebih fight, nggak mikirin yang kemarin kalah. Kami cuma berpikir dapat poin, nggak mikirin yang lain-lain," tutur Ahsan.

3 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan

Berikut hasil pertandingan babak final beregu campuran dewasa Kejurnas PBSI 2016:

Ganda Campuran
Praveen Jordan/Debby Susanto vs Alfian Eko Prasetya/Greysia Polii 21-13, 21-15

Tunggal Putra
Ihsam Maulana Mustofa vs Krisna Adi Nugraha 22-20, 21-14

Ganda Putra
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Hendra Setiawan/Angga Pratama 21-19, 21-15

Tunggal Putri
Dinar Dyah Ayustine vs Ruselli Hartawan – tidak dimainkan

Ganda Putri
Debby Susanto/Rosyita Eka Putri Sari vs Anggia Shitta Awanda/Greysia Polii – tidak dimainkan