Sukses

5 Top Skorer Timnas yang Masih Aktif Bermain

Ronaldo menjadi panutan jika bicara soal prestasi di klub dan timnas.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi di seluruh dunia tengah memasuki tahap jeda internasional. Semua pemain pun wajib fokus menjalani tugas bersama timnas masing-masing. Bagi seorang penyerang, tahap ini adalah kesempatan mereka untuk menambah pundi-pundi gol mereka.

Ya, kesempatan mengoleksi gol di timnas tak sebanyak yang didapat dari petualangan bersama klub. Pasalnya, seorang pemain hanya mendapatkan jatah tampil beberapa kali selama setahun. Tak seperti di klub di mana pemain tersebut punya kesempatan berlaga dalam sepekan.

Karenanya, akan menjadi sebuah kebanggaan besar saat seorang pemain sukses menempatkan namanya dalam barisan atas daftar top skorer. Apalagi jika pemain itu masih aktif bermain hingga sekarang.

Seperti dirangkum Liputan6.com dari Sokkaa, ada beberapa top skorer yang statusnya masih menjadi pemain aktif di timnasnya. Berikut adalah lima top skorer timnas yang masih aktif dan layak untuk diketahui:

5. Sunil Chhetri (51 gol-India)

5. Sunil Chhetri (51 gol-India)

Banyak yang menyebut Chhetri sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola India. Ia sudah memulai karier profesionalnya sejak 2002 bersama klub Muhun Bagan. Kemampuannya sebagai pencetak gol sudah terasah sejak dulu.

Bersama Timnas India, petualangan perdananya sudah dimulai sejak 2005. Gol perdananya untuk timnas senior didapat saat melawan Pakistan pada 12 Juni 2005. Sejak itu pula ia langsung menjadi tumpuan Timnas Indonesia dalam mencetak gol.

Sunil Chhetri, penyerang andalan Timnas India. (Liputan6.com/Sokka)

Performa terbaik pemain kelahiran 3 Agustus 1984 itu diperlihatkan sepanjang 2011. Di tahun tersebut, ia membukukan 13 gol dari 17 laga. Secara keseluruhan, ia sudah memainkan 91 laga dan mencetak 51 gol.

Persembahan Chhetri untuk Timnas India adalah tiga gelar Nehru Cup (2007, 2009, 2012), satu AFC Challenge Cup (2008), dan SAF Championship (2011, 2016). Kontribusinya akan terus diberikan mengingat Chhetri masih aktif bermain untuk Timnas India.

4. Clint Dempsey (52 gol-AS)

4. Clint Dempsey (52 gol-AS)

Landon Donovan adalah pemain yang memuncaki daftar top skorer Timnas AS dengan koleksi 57 gol. Namun, nama Donovan besar kemungkinan akan digeser. Pasalnya, Donovan sudah memutuskan pensiun dari timnas sejak 2014.

Pemain yang berpotensi melewati pencapaian Donovan adalah Dempsey. Pasalnya, pemain berusia 33 tahun itu masih menjadi andalan lini depan Timnas AS hingga saat ini. Memulai debut sejak 2004, mantan pemain Tottenham Hotspur itu nyaris tak pernah kehilangan tempat.

Clint Dempsey (AFP/Don Emmert)

Secara keseluruhan, ia sudah memainkan 130 pertandingan bersama Timnas AS dan mengoleksi 52 gol. Persembahan terbaik Dempsey untuk Timnas AS adalah Piala Emas 2005 dan 2007. Ia juga tiga kali dinobatkan sebagai Atlet Terbaik AS pada 2007, 2011, dan 2012.

3. Wayne Rooney (53 gol-Inggris)

3. Wayne Rooney (53 gol-Inggris)

Hampir semua jenjang Timnas Inggris sudah dicicipi Rooney. Tercatat, ia pernah bermain untuk tim U-15, U-17, dan U-19. Namun, ia sempat dilanda kebimbangan kala berusia 16 tahun. Pasalnya, ia ditawari untuk memperkuat Timnas Irlandia karena faktor neneknya yang seorang Irish.

Pada akhirnya, pemain Manchester United itu memilih untuk memperkuat Timnas Inggris. Saat melawan Australia pada 12 Februari 2003, ia pun menjadi pemain termuda yang memulai debutnya bersama Timnas Senior Inggris.

Wayne Rooney (Reuters / Eddie Keogh)

Kala itu usia Rooney baru 17 tahun 111 hari. Tepat pada 6 September 2003, ia juga mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol termuda Inggris saat The Three Lions menang 2-1 atas Makedonia pada kualifikasi Piala Eropa 2004.

Hingga kini, ia sudah membukukan 53 gol dari 119 pertandingan. Sayangnya, akan sulit bagi Rooney untuk menambah pundi-pundi golnya. Itu karena karier Rooney di klub dan timnas saat ini sedang menurun drastis.

2. Lionel Messi (56 gol-Argentina)

2. Lionel Messi (56 gol-Argentina)

Salah besar jika menyebut Messi tak bisa tampil memukau saat mengenakan seragam Timnas Argentina. Buktinya, saat ini namanya ada di urutan teratas daftar Top Skorer Timnas Argentina dengan 56 gol dari 115 laga.

Golnya ke gawang AS pada semifinal Copa America 2016 membuat dirinya melewat torehan 54 gol milik Gabriel Batistuta yang sebelumnya menjadi Top Skorer Timnas Argentina. Catatan ini menjadi bukti bahwa Messi tak pernah tampil setengah hati bersama La Albiceleste.

Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi. (Reuters/Cristiane Mattos)

Sayang, keberuntungan masih enggan menaungi Messi saat berseragam timnas. Hingga kini, ia belum mampu mempersembahkan gelar bergengsi. Padahal, pemain berusia 29 tahun itu sudah memiliki empat kesempatan.

Ya, ia sudah melakoni empat laga final bersama Timnas Argentina. Tiga final dicicipi di Copa America 2007, 2015, dan 2016. Lalu, ia juga membawa Timnas Argentina ke final Piala Dunia 2014. Sialnya, empat final itu hanya berakhir dengan status runner-up.

1. Cristiano Ronaldo (68 gol-Portugal)

1. Cristiano Ronaldo (68 gol-Portugal)

Ronaldo adalah salah satu contoh dari sedikit pemain yang bisa menggapai kesuksesan di level klub dan timnas. Di level klub, sudah puluhan gelar bergengsi dirasakan pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu.

Hebatnya, kehebatan pemain yang akrab disapa CR7 itu juga ditularkan saat ia mengenakan seragam Timnas Portugal. Momen kesuksesan Ronaldo bersama Portugal didapat dengan gelar juara Piala Eropa 2016.

Cristiano Ronaldo (REUTERS/Pedro Nunes)

Sukses itu semakin mempertegas kehebatan Ronaldo bersama Timnas Portugal. Seperti diketahui, ia adalah pemuncak daftar Top Skorer Timnas Portugal dengan koleksi 68 gol dari 136 laga.

Akan sulit bagi pemain lain Portugal bisa melewati pencapaiannya dalam beberapa tahun mendatang. Pasalnya, satu-satunya pemain aktif di Portugal yang bisa mendekati torehannya hanya Luis Nani dengan koleksi 23 gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini