Sukses

Vettel Dihukum, Podium Ketiga GP Meksiko Jadi Milik Ricciardo

Pembalap Ferrari itu dianggap terbukti bersalah lantaran membahayakan pembalap lain.

Liputan6.com, Mexico City - Race Direction menjatuhkan hukuman kepada Sebastian Vettel selama pembalap Formula 1 menjalani balapan di Meksiko, Minggu (30/10/2016) atau Senin dinihari WIB. Pilot jet darat Ferrari itu dianggap terbukti bersalah lantaran membahayakan pembalap lain.

Vettel mencoba mempertahankan posisi ketiga saat ia mulai dibayang-bayangi Daniel Ricciardo. Namun upaya juara Formula 1 empat kali secara berturut-turut tidaklah mudah, sebab Ricciardo terus menempel sampai pada akhirnya kecelakaan nyaris menimpa kedua pembalap.

Kejadian itu berlangsung ketika Vettel tidak mengetahui kedatangan Ricciardo di tikungan keempat. Akibatnya, kedua pembalap nyaris saja bersenggolan, namun saking liciknya pembalap berkebangsaan Jerman itu diketahui mengubah arah di zona pengereman dan hal tersebut ia lakukan demi mempertahankan posisi tiga.

Perilaku yang kurang sportif Vettel berujung hukuman. Menurut laporan Motorsports, Race Direction akhirnya menjatuhkan penalti 10 detik kepada Vettel dan ini mengacu pada pasal 27.5 di mana ada tiga pelanggaran yang telah dibuat Vettel.

Pertama, mengemudikan jet darat dengan potensi membahayakan pembalap lain. Kedua, perubahan arah secara tidak normal, dan terakhir memaksa pembalap lain untuk mengambil tindakan. Ini sebagaimana terlihat dalam video rekaman, dan semua kategori pelanggaran termasuk di dalamnya. Dia dinyatakan bersalah karena melanggar pasal ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlempar ke Posisi Lima

Akibat hukuman penalti 10 detik. Vettel terlempar ke urutan kelima. Sementara posisi ketiga digantikan Ricciardo disusul Max Verstappen.

Berikut penilaian podium diputuskan:
1. Daniel Ricciardo yang berada di posisi kelima naik ke urutan keempat ketika Max Verstappen mendapat hukuman. Peringkat pembalap Red Bull juga terdongrak lantaran Vettel menerima hukuman penalti.

2. Max verstappen awalnya sukses menempati posisi kelima. Namun benturan yang terjadi dengan pembalap Mercedes yakni Nico Rosberg berbuah saksi lima detik. Akibatnya ia turun ke posisi kelima.

3. Max Verstappen bertukar tempat dengan Vettel (keempat dan kelima) setelah pembalap Ferrari terkena hukuman 10 detik.

4. Podium terakhir: Lewis Hamilton (Mercedes), Nico Rosberg (Mercedes), Daniel Ricciardo (Red Bull), Max Verstappen (Red Bull), dan Sebastian Vettel (Ferrari).

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Formula Satu musim 2016 akan menjadi musim ke-67 dari Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu, sebuah kejuaraan balap mobil untuk Mobil Formula Sat

    F1 2016

  • F1