Sukses

Jelang Lawan Indonesia, Malaysia Terpuruk di Pra-Piala Dunia 2018

Malaysia bakal menjadi lawan Indonesia pascabebas dari sanksi FIFA.

Liputan6.com, Jakarta - Malaysia bakal menjadi lawan pertama Indonesia pascabebas dari sanksi FIFA. Tim Harimau Malaya bukan lawan mudah meski sempat terpuruk dalam setahun terakhir.

Ya, meski nasibnya tidak seburuk Indonesia yang dilarang tampil di laga internasional, namun prestasi Malaysia jauh dari membanggakan. Mereka sempat menjadi bulan-bulanan di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Tergabung di Grup A bersama empat negara lain, Malaysia menempati posisi keempat pada klasemen akhir. Hanya, hasil dari delapan laga membuat fans timnas Malaysia kecewa.

Bermain imbang 1-1 melawan Timor Leste di laga perdana, Malaysia kalah 0-6 dari Palestina di laga kedua. Ironisnya, kekalahan tersebut dialami di kandang sendiri, Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.



Alih-alih bangkit, Malaysia justru menelan malu di laga ketiga. Mereka dibantai 0-10 oleh UEA atau menjadi kekalahan terbesar sepanjang sejarah.


Mental Malaysia sempat turun setelah kekalahan tersebut. Pada laga keempat, mereka kembali kalah WO 0-3 dari Arab Saudi.

Maklum, di laga ini suporter fanatik Malaysia, Ultras Malaya berulah. Mereka melemparkan kembang api dan flare ke lapangan dan membuat pertandingan terhenti.



FIFA pun menghukum Malaysia dengan peringatan keras, denda, hingga larangan menggelar pertandingan internasional. Satu-satunya kemenangan Malaysia hanya saat bertandang ke Timor Leste, yakni dengan skor 1-0.

Sementara tiga laga sisa berujung kekalahan. Masing-masing melawan Palestina (0-6), UEA (1-2), dan Arab Saudi (0-2).

Total Malaysia hanya meraih empat poin, memasukkan tiga gol, dan kebobolan 30 gol.

Hasil lengkap Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2018
Malaysia    1 - 1 Timor-Leste    
Malaysia    0 - 6 Palestina    
UEA 10 - 0 Malaysia    
Malaysia    0 - 3 Arab Saudi
Timor-Leste 0 - 1 Malaysia    
Palestina 6 - 0 Malaysia    
Malaysia    1 - 2 UEA    
Arab Saudi 2 - 0 Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini