Sukses

PBSI Siapkan Pengganti Liliyana Natsir

Liliyana Natsir sempat mengutarakan niat pensiun usai sukses meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama Tontowi Ahmad.

Liputan6.com, Jakarta Usia Liliyana Natsir sudah tidak mudah lagi. Pada 9 September nanti, Liliyana akan berusia 31 tahun. Karena itu, PBSI harus mencari pengganti yang tepat untuk berpasangan dengan Tontowi Ahmad sebagai pasangan ganda campuran.

Pelatih kepala ganda campuran Richard Mainaky mengatakan PBSI sudah menyiapkan program untuk menyiapkan pengganti Liliyana. "PBSI selalu punya program yang sudah jelas. Saya sendiri berharap Tontowi/Liliyana masih bisa sampai Sudirman Cup dan Asian Games," kata Richard Mainaky di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/9/2016).

Liliyana sempat mengutarakan niat pensiun usai sukses meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama Tontowi. Namun, hingga kini pebulu tangkis yang akrab disapa Butet itu belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal tersebut.

Meski sudah menyiapkan program, Richard mengakui tidak mudah untuk menyiapkan ganda campuran yang punya kualitas. Menurutnya, diperlukan insting yang tajam untuk bisa membaca karakter setiap pemain.

Insting tersebut harus diasah dengan terjun langsung ke lapangan untuk memantau pemain. Tips tersebut didapat dari legenda bulutangkis Tanah Air, Christian Hadinata.

"Menyiapkannya cukup sulit karena laki-laki kan yang dominan ego, sementara perempuan lebih dominan perasaan," ujar Richard mengakhiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Liliyana Bisa Beri Masukan Soal Calon Penggantinya

Sementara itu, Christian Hadinata mengatakan Liliyana bisa memberi masukan untuk Richard Mainaky soal pasangan Tontowi selanjutnya. "Saya rasa untuk hal itu diskusi antara pelatih dan atlet lebih pas. Kalau saya dengan Richard diskusinya hanya bersifat pribadi,' ujar pria yang akrab disapa Om Chris ini.

Bintang bulu tangkis era 1970-an ini menambahkan, sewaktu memilihkan Tontowi untuk Liliyana, dirinya dan Richard memang menilai Tontowi punya tipe permainan yang cocok dengan Liliyana. Hal itu karena Tontowi memiliki postur tubuh yang tinggi dan smes yang tajam.

"Kalau Butet -sapaan akrab Liliyana- kan memang bagus di depan. Jadi seorang Butet butuh pemain belakang yang mematikan," Om Chris mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.