Sukses

Striker Indonesia Redup, Daftar Top Skorer Dikuasai Legiun Asing

Hanya ada Rudi Widodo dan Cristian Gonzales yang sama-sama baru mengoleksi 4 gol.

Liputan6.com, Jakarta - Sampai pekan ke-12 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo tampaknya masih milik para penyerang asing. Bukan tanpa alasan, mereka seperti 'menjajah' kompetisi ini dengan torehan gol-golnya.

Sejauh ini total, sudah 253 gol tercipta pada TSC 2016. Bila ditotal dalam 10 besar pencetak gol terbanyak saja, delapan di antaranya berasal dari striker import.

Bukan tanpa alasan memang, pasalnya para legiun asing ini belakangan memang tampil mengejutkan. Selain itu, mereka juga konsisten menjebol gawang lawan.

Luiz Junior masih berada di puncak dengan torehan 11 gol bersama Barito Putera. Mantan pemain Botafogo ini menjadi pemain pertama di TSC 2016 yang mengoleksi dua digit gol.



Akan tetapi, performanya dalam tiga laga terakhir cukup kedodoran. Tercatat, baru satu gol dia cetak dalam tiga laga yang membuat striker Madura United, Pablo Rodriguez sudah ancang-ancang untuk melakukan kudeta sebagai pencetak gol terbanyak sementara.

Striker asal Spanyol ini memang bisa dibilang sangat konsisten. Sempat mandul dalam tiga pertandingan, Pablo kini sudah mencetak empat gol dalam tiga pertandingan terakhir Madura United.



Pada posisi berikutnya ada Shohei Matsunaga. Penyerang asal Jepang ini menjadi sosok sentral bersama Persiba Balikpapan dalam beberapa laga terakhirnya.

Bahkan, dua gol dalam tiga pertandingan terakhir membuatnya kini masuk ke tiga besar top skorer sementara. Sejauh ini, dia sudah tujuh gol dalam 12 pertandingan.

Posisi Shohei kini juga dibayangi oleh penyerang Semen Padang, Marcel Silva Sacramento.Baru mencetak empat gol sampai pekan kesembilan, Marcel membuktikan diri kala Semen Padang menggilas Persib Bandung.



Empat gol yang diciptakan Semen Padang dalam laga di Stadion H Agus Salim (25/7), dua di antaranya dicetak oleh striker asal Brasil ini. Torehan itu membuatnya masuk empat besar dengan raihan enam gol.

Berikut daftar lengkap pencetak gol sementara TSC 2016:

1. Luiz Junior (Barito Putera): 11 gol
2. Pablo Rodríguez (Madura United: 10 gol
3. Shohei Matsunaga (Persiba Balikpapan): 7 gol
4. Marcel Sacramento (Semen Padang): 6 gol
5. Alan Leandro (Mitra Kukar): 4 gol
6. Marlon Silva (Mitra Kukar): 4 gol
7. Herman Dzumafo (Persela Lamongan): 4 gol
8. Pedro Velázquez (Pusamania Borneo): 4 gol
9. Patrick da Silva (Gresik United): 4 gol
10. Hilton Moreira (Sriwijaya F.C.): 4 gol
11. Cristian Gonzales (Arema Cronus): 4 gol
12. Rudi Widodo (Bhayangkara SU): 4 gol
13. Vendry Mofu (Semen Padang): 4 gol
14. Hamka Hamzah (Arema Cronus): 3 gol
15. Jefri Kurniawan (Pusamania Borneo): 3 gol
16. Rizky Pora (Barito Putera): 3 gol
17. Albeto Goncalves (Sriwijaya FC): 3 gol
18. Boaz Solossa (Persipura Jayapura): 3 gol
19. Vladimir Vujovic (Persib Bandung): 3 gol
20. Dendi Sulistyawan (Persela Lamongan): 3 gol

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.