Sukses

Cepat di Latihan Bebas, Rio Haryanto Optimistis di GP Baku

Rio puas dengan pemahaman mobil dengan karakter ban.

Liputan6.com, Baku - Peningkatan kecepatan Rio Haryanto, pembalap Manor Racing, terlihat jelas pada latihan bebas pertama dan kedua GP Eropa Formula 1 2016. Ia pun yakin mendapatkan hasil bagus saat melakoni kualifikasi dan balapan.

Rio baru saja melahap dua sesi latihan bebas GP Eropa di Sirkuit Baku City, Jumat (18/6/2016). Dalam dua kesempatan itu, kecepatan MRT05 yang dikendarai Rio terlihat mengalami peningkatan. Sebab, posisi Rio pada latihan bebas kedua jauh lebih baik.

Baca Juga

  • 4 Dampak Kehadiran Mourinho di MU
  • Turki Digasak Spanyol, Arda Turan Jadi Korban
  • Kalah, Ibrahimovic Ingin Kirim Chiellini ke Rumah Sakit

Pada latihan bebas pertama, Rio harus puas dengan posisi paling buncit. Ia hanya mampu mengukir waktu terbaik 1 menit 51,925 detik. Ia pun duduk di bawah rekan setimnya, Pascal Wehrlein, dan pembalap Sauber, Felipe Nasr. Dengan Lewis Hamilton, pembalap Mercedes di posisi pertama, Rio terpaut 5,490 detik.

Untungnya, Rio mampu memperbaiki kecepatannya pada latihan bebas kedua. Kali ini, ia sukses menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 47,487 detik. Hebatnya, ia mampu mempecundangi Marcus Ericsson (Sauber), Jolyon Palmer (Renault), Wehrlein (Manor), dan Nasr (Sauber).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Rio Haryanto

"Latihan bebas itu sangat positif bagi kami. Jika kami membandingkan antara FP1 dan FP2, jelas kami lebih kompetitif pada FP2. Kami sedang menuju arah yang baik. Kami pun mencoba beberapa long run untuk memahami degradasi ban lebih jauh," kata Rio seperti dikutip Facebook Manor.

Pada latihan bebas kedua, Rio memang lebih fokus pada memahami karakter ban dengan Sirkuit Baku City. Strategi yang diterapkannya adalah menggunakan ban soft dan supersoft. "Ban supersoft lebih rumit, tapi ban soft terasa cukup baik. Saya benar-benar menikmati cara kami menguasai sirkuit. Saya pikir kami dalam kondisi yang bagus untuk kualifikasi dan balapan," jelas Rio.

Sebelum melakoni dua sesi latihan bebas GP Eropa, Rio memang sudah yakin bahwa kecepatan Manor kini mulai menandingi dua rival, yakni Renault dan Sauber. Hasil pada latihan bebas kedua pun jadi bukti nyata pernyataan Rio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini