Sukses

4 Fakta Unik dan Menarik Jelang Piala Eropa 2016

Para pemain Swedia adalah skuat yang rata-rata tinggi sehingga jago dalam penyelesaian bola-bola mati.

Liputan6.com, Jakarta Piala Eropa 2016 secara resmi akan segera dimulai Sabtu (11/6/2016). Turnamen empat tahunan itu akan dibuka dengan laga antara tuan rumah Prancis melawan Rumania.

Ada 24 tim yang ikut berlaga di turnamen antar negara di Benua Biru itu.  Di antaranya sang juara bertahan Spanyol, Jerman, Portugal, Inggris dan tentu saja tuan rumah Prancis.

 

Baca Juga

  • Tuduh Honda Pilih Kasih, Hubungan Pedrosa-Marquez Mulai Retak?
  • Gawat, Real Madrid Terancam Larangan Beli Pemain
  • Bentrok Suporter Pecah Jelang Pembukaan Piala Eropa 2016


Selain nama-nama besar tim yang akan berlaga, ada beberapa statistik dan fakta unik tentang Piala Eropa tahun ini. Seperti asal klub, jumlah pemain, hingga rata-rata umur pemain di skuat tersebut.     

Berikut fakta menarik dan statistik unik Piala Eropa 2016:

- Asal klub dan liga para pemain: Dalam soal ini pemain Liga Premier Inggris menjadi yang terbanyak. Dari 552 pemain, liga itu paling dominan menyuplai pemain untuk Piala Eropa 2016. Ada 103 pemain atau hampir 20 persen pemain yang berlaga di Piala Eropa 2016 merumput di Inggris.

Meski Spanyol merajai baik Liga Champions maupun Liga Europa, para pemain yang berasal dari La Liga (35 pemain) menempati urutan kelima di bawah Super Lig Turki (36 pemain) yang menempati urutan keempat pada daftar asal liga para pemain Euro 2016.

Bahkan, para pemain yang berasal dari liga divisi dua Inggris Championship (31 pemain), melewati pemain yang berasal dari Ligue 1 Prancis (23) dan Liga Utama Ukraina (21).

- Dari sudut ukuran badan: Para pemain Swedia adalah skuat yang rata-rata tinggi sehingga jago dalam penyelesaian bola-bola mati. Sebaliknya, Spanyol adalah skuat dengan para pemain yang rata-rata pendek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencetak Gol

- Kemampuan mencetak gol: Pemain Swedia Zlatan Ibrahimovic tidak tersaingi siapa pun dengan mencetak 62 gol pada 113 pertandingan timnas Swedia. Robbie Keane dari Republik Irlandia menempati urutan kedua dengan 67 gol pada 142 pertandingan. Kemudian, Thomas Muller yang menciptakan 32 gol pada 71 pertandingan bersama Timnas Jerman.

Setelah itu, Robert Lewandowski dari Polandia (34 gol dari 76 laga), Burak Yilmaz dari Turki (20 gol dari 44 laga), Andriy Yarmolenko (25 dari 59 laga, dan Marc Janko dari Austria (25 dari 54 laga). Masih ada Kolbein Sigorthsson dari Islandia dengan 19 gol dari 38 laga.

- Usia dan pengalaman bermain: Inggris adalah skuat paling banyak usia muda, disusul Jerman. Sebaliknya Slowakia adalah skuat dengan usia tua, tapi Jerman dan Ukraina punya pemain-pemain yang lebih berpengalaman.

Sementara itu, Spanyol memang tampil dengan wajah baru setelah gagal pada Piala Dunia dua tahun lalu. Kendati skuatnya relatif tua dengan rata-rata usia pemain 28,9 tahun, tim asuhan Vicente Del Bosque kurang begitu berpengalaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini