Sukses

Irfan Bachdim: Kepakan Sayap Garuda di Negeri Matahari Terbit

Liputan6.com, Jakarta - Pesepakbola Indonesia, Irfan Bachdim, akan kembali menjalani kariernya bersama klub Jepang, Consadole Sapporo, di musim 2016 mendatang. Hal itu karena Irfan mendapatkan perpanjangan kontrak di klub yang pernah dihuni bintang Brasil, Hulk, tersebut.

Kiprah Irfan di negeri Matahari Terbit itu memang sudah ia lakoni sejak 2014 lalu. Ia bermain untuk tim J1 League, Venforet Kofu. Sayang saat itu suami dari Jennifer Bachdim ini gagal menembus tim utama di klub itu.

Namun pada 2015 saat diperkenalkan oleh klub yang bermain di J2 League, Consadole Sapporo, Irfan bertekad untuk meraih sukses. Hasilnya enam kali tampil dari bangku cadangan setidaknya memberi sedikit kepuasan bagi pemain Timnas Indonesia tersebut.

"Kekuatanku adalah kecepatan dan mental baja. Aku ingin menunjukkan performa yang bagus karena ini adalah musim keduaku di Jepang," kata Irfan beberapa waktu lalu.

Irfan Bachdim

Nama Irfan mulai masuk dalam daftar pemain skuat asuhan Ivica Barbaric itu pada saat Consadole menjamu Mito Hollyhock, Minggu (19/4/2015).  Tapi saat itu Irfan hanya mengisi bangku cadangan dan tidak bermain.

Akhirnya peluang yang dinanti pemain 27 tahun itu tiba. Barbaric memberi Irfan kesempatan bermain saat Consadole menghadapi Jubilo Iwata (3/5/2015).

Irfan masuk di menit ke-82 menggantikan gelandang asal Brasil, Nildo. Meski tidak menyumbangkan gol, akan tetapi Irfan yang bermain kurang lebih 10 menit itu menutup laga dengan kemenangan 3-0.

Irfan Bachdim

Laga terakhir Irfan di musim 2015 bersama Consadole adalah saat timnya menghadapi Yokohama FC (15/9/2015). Pada laga itu Irfan bermain selama 21 menit menggantikan legenda Jepang, Shinji Ono, dan berhasil menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Salah satu tantangan terbesar Irfan bermain di Jepang adalah ketatnya persaingan antar pemain. Di klub yang kini ia huni, ia harus bersaing dengan eks gelandang Arsenal, Junichi Inamoto, salah satu sosok yang berpengalaman di Jepang.

Terlebih Irfan harus keluar masuk ruang medis akibat badai cedera yang menimpanya.

Saat ini Irfan merupakan satu-satunya pemain Indonesia yang bermain di Jepang. Lantas apakah perpanjangan kontrak satu musim ke depan dari Consadole Sapporo akan menjadi titik cerah bagi karier Irfan?