Sukses

Gol Pemain Muda Tentukan Kemenangan City atas Swansea

Dengan kemenangan ini, koleksi poin City menjadi 32, sama dengan Leicester.

Liputan6.com, Manchester Manchester City keluar sebagai pemenang usai menjinakkan tamunya Swansea City di pekan ke-16 Liga Inggris 2015/16. Yaya Toure menjadi bintang dengan gol penentu di menit-menit akhir pertandingan.

Kehilangan sejumlah pemain inti terutama striker Sergio Aguero ternyata berdampak besar bagi City di partai ini. Meski secara umum, City mendominasi sejak awal-awal babak pertama, gol baru lahir pada menit ke-26.

Berawal dari tendangan sudut Jesus Navas dari sisi kanan pertahanan Swansea, Bony yang luput dari pengawalan, bergerak bebas untuk menyundul bola masuk ke gawang Hart.

Gol ini membuat City menjadi tim di Liga Inggris dengan gol paling banyak yang bermula dari tendangan sudut. Total, The Citizens telah mengemas enam gol, yang diawali tendangan sudut.

Hingga turun minum, tak ada gol lagi yang tercipta. City pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Taktik Swansea untuk keluar menyerang membuat tempo di awal-awal babak kedua meningkat.  Ashlew Williams dan kawan-kawan sempat membuat kemelut di kotak penalti City sebelum Andre Ayew diputuskan telah berdiri dalam posisi offside ketika hendak menendang bola.

Swansea mendapat peluang saat bola operan Sigurdsson yang mengenai bek City, memantul kembali kepadanya. Eks pemain Tottenham Hotspur itupun coba memanfaatkan bola tersebut tapi sepakannya masih bisa ditahan Hart.

Melihat timnya ditekan, Pellegrini mengubah taktik dengan memasukkan Kevin De Bruyne menggantikan David Silva di menit 67. Ketimbang Yaya Toure, peran Silva dalam pertandingan ini tak begitu menonjol.

Menit 83, Alan Curtis memasukkan nama Bafetimbi Gomis mengantikan Ayew. Taktik ini terbukti mujarab setelah Gomis mencetak gol penyeimbang di menit 90 lewat tendangan keras dari sudut sempit.

Sayangnya, hanya dua menit berselang dari gol Gomis, Swansea harus kembali tertinggal. Tendangan Yaya Toure yang berbelok arah usai mengenai rekan setimnya, Kelechi Iheanacho mengecoh Lukasz Fabianski sebelum masuk ke gawang. City unggul 2-1.

Gol ini awalnya dicatat atas nama Toure. Namun akhirnya gol ini diputuskan jadi milik Iheanacho.

City pun resmi memenangkan pertandingan setelah Hart menggagalkan peluang terakhir Swansea yang dibuat Sigurdsson. Dengan kemenangan ini, koleksi poin City menjadi 32, sama dengan Leicester. Tapi Yaya Toure dan kawan-kawan berhak atas posisi puncak lantaran unggul produktivitas gol dari Leicester.

Susunan pemain:

Man City: Hart; Sagna, Otamendi, Mangala, Clichy; Toure, Fernandinho; Navas, Silva (De Bruyne 68'), Sterling (Delph 46'); Bony (Iheanacho 84').

Swansea: Fabianski; Rangel, Fernandez, Williams, Taylor; Britton (Montero 75'), Cork, Ki, Sigurdsson, Routledge (Barrow 76'); Ayew (Gomis 83').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini