Sukses

KONI Ingin Benahi Sistem Anggaran Olahraga

Tono Suratman berharap pemerintah bisa membuat kebijakan yang bisa mendukung kemajuan olahraga di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum KONI Tono Suratman berjanji di masa kepengurusannya yang baru akan memperbaiki sistem anggaran untuk olahraga. Tono sangat menyadari pentingnya dana untuk menyokong kemajuan olahraga suatu bangsa.

Menurut Tono, selama ini bantuan dana dari pemerintah selalu telat. Padahal, anggaran itu bagian yang tidak terpisahkan dengan pembinaan prestasi para atlet.

"Nantinya kami akan mengupayakan anggaran bisa diberikan di awal tahun kerja, jangan di akhir tahun kerja. Kalau masih begitu pengurus besar (PB) cabang olahraga maupun KONI tidak bisa berbuat banyak, karena tidak punya dana talangan untuk itu," ujar Tono di Gedung KONI, (1/12/2015).

Janji Tono ini diucapkan setelah ia terpilih lagi menjadi Ketua Umum KONI periode 2015-2019. Tono terpilih melalui Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) di Papua, yang diikuti 31 pengurus KONI provinsi dan 58 pengurus besar (PB) olahraga.

Pada bagian lain, purnawirawan TNI-AD ini, berharap pemerintah membuat kebijakan yang bisa mendukung kemajuan olahraga di Indonesia. Kebijakan ini nantinya diharapkan bisa mengundang pihak lain atau sponsor yang akan membantu olahrga di Tanah Air.

"Sponsor itu datang kalau ada kebijakan. Bisa saja Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) menjadi sponsor untuk olahraga Indonesia, itu kan bagus. Nantinya dana tersebut akan diberikan ke penggurus besar cabang olahraga melalui KONI," sambung Tono.(Ian/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini