Sukses

Nil Maizar: Tak Ada Niat untuk 'Walkout'

Nil mengakui ia memang memanggil pemainnya untuk berkumpul di bench Semen Padang.

Liputan6.com, Bali - Pelatih Semen Padang, Nil Maizar menampik jika ia hendak mengajak pemainnya melakukan aksi walkout kala Persipura Jayapura dihadiahi penalti oleh wasit Janamudin Aspiran. Saat wasit Janamudin menunjuk titik putih tanda penalti, Nil memang terlihat mengajak pemainnya untuk keluar lapangan dan berkumpul di bench Semen Padang.

Namun, hal itu dibantah oleh Nil sebagai aksi walkout. "Saya luruskan supaya publik sepak bola Indonesia tahu, kami tidak ada rencana untuk WO. Kami tahu tindakan itu tidak bagus dan keputusan wasit adalah mutlak. Kami masih punya hati untuk ikut menjaga turnameni ini," kata Nil.

Nil mengakui ia memang memanggil pemainnya untuk berkumpul di bench Semen Padang. Namun, apa yang dilakukannya bukan merupakan upaya mengajak pemainnya walkout.

"Saya panggil mereka untuk mendapatkan konfirmasi langsung dari pemain bersangkutan, apakah dia handball atau tidak. Dan yang lebih penting saya punya waktu beberapa menit untuk memotivasi dan menyemangati mereka kembali. Saya pun menyuruh mereka kembali bermain," cerita Nil.

Kendati begitu, Nil menilai keputusan wasit tidak tepat. Menurutnya, aksi memanggil pemainnya juga untuk mencegah protes berlebihan.

Ia berharap ke depan wasit yang memimpin pertandingan bekerja lebih baik lagi. "Turnamen ini mengambil nama seorang pejuang bangsa yang jujur, ikhlas dan berjuang dengan hati untuk bangsa dan negaranya. Harusnya kita belajar dari situ," tutup Nil. (Jon/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.