Sukses

Utak-atik Kans Tipis Rossi Juara Moto GP

Simak 4 kalkulasi yang mungkin membuat Rossi masih bisa rebut juara Moto GP.

Liputan6.com, Sepang: Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi sedang galau. Usahanya untuk merebut gelar juara dunia Moto GP ke-8 terancam gagal gara-gara insiden di Moto GP Malaysia Sirkuit Sepang akhir pekan kemarin.

Rossi seperti diketahui dituding sudah menendang pembalap Repsol Honda,Marc Marquez sehingga terjatuh di lap ketujuh sirkuit Sepang,Malaysia. Alhasil,Federasi Balap Dunia (FIM) pun memberikan sanksi penalti 3 poin atau start dari posisi paling belakang di Moto GP Valencia, yang merupakan seri terakhir sekaligus penentuan gelar juara dunia.

Marc Marquez (kiri) bersaing ketat dengan Valentino Rossi hingga finis. (AP Photo/Vincent Jannink)

Yamaha sempat ajukan banding atas sanksi ini tapi ditolak.Sempat mencuat kabar,Rossi tak mau lanjutkan lomba alias boikot Moto GP Valencia.Tentu ini sangat disayangkan mengingat Rossi tetap punya peluang untuk merebut gelar juara dunia ke-8 atau ke-10 di semua kelas.

"Sanksi itu menegaskan segalanya; start di posisi paling belakang di Valencia sama saja artinya tanpa peluang rebut juara," tutur Rossi seperti dikutip Autosport.

"Harus dilihat lagi apakah saya perlu lagi berlomba di Valencia nanti. Kompetisi sudah dirusak. Padahal saya sudah berikan segalanya untuk memenangkan gelar. Kalah di trek tak apa-apa, tapi ini lebih menyakitkan."

Baca Juga

  • Dipermalukan West Ham,Chelsea Juga Didenda Besar
  • Aksi Kotor Rossi Bisa Dilihat dengan Mudah'
  • Video Evan Dimas Bicara Masa Depan Bersama Bonek FC

Meski berpeluang tipis jadi juara, tapi masih ada beberapa kemungkinan Rossi mewujudkan ambisi jadi juara. Berikut Liputan6.com coba kalkulasi peluang-peluang tersebut:

1.Jorge Lorenzo jadi juara di Valencia dan Rossi wajib rebut posisi dua. Dengan begini, Rossi bakal menggamit total poin 332, sedangkan Lorenzo 330.

2.Jorge Lorenzo tidak rebut podium (finis posisi 4 sampai 15). Ini membuat Rossi bakal melenggang jadi juara, meski misalnya hanya merebut podium ketiga di Valencia.

ilustrasi Poin-poin Rossi Saat Jadi Juara (Grafis: Abdillah/Liputan6)

3.Valentino Rossi rebut posisi 4, sedangkan Jorge Lorenzo rebut podium ketiga. Ini juga membuat Rossi tetap juara. Dengan hasil ini, Rossi mendapatkan total poin 323 dan Lorenzo 318.

4.Jorge Lorenzo rebut podium ketiga, dan Rossi minimal rebut posisi keenam. Dengan hasil ini, Rossi dapat total 322 poin. Sedangkan Lorenzo 321 poin. (Def/Jon)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini