Sukses

Jadi Kandidat Kuat Manajer Liverpool, Apa Kehebatan Jurgen Klopp?

Karier kepelatihan klopp dimulai pada tahun 2001.

Liputan6.com, Liverpool - Dipecatnya Brendan Rodgers dari Liverpool, menimbulkan spekulasi jika mantan pelatih Dortmund Jurgen Klopp menjadi kandidat kuat untuk melatih The Reds selanjutnya.

Karier kepelatihan Klopp dimulai pada tahun 2001, saat itu pria berusia 48 tahun tersebut menjadi pelatih Mainz 05. Kloop menangani Mainz selama tujuh musim lamanya.

Pelatih asal Jerman tersebut berhasil membawa Mainz promosi ke ajang bundesliga. Tidak hanya itu saja, Klopp bahkan mampu membawa Mainz merasakan ketatnya persaingan fase kualifikasi Liga Europa musim 2006-07. Namun, satu musim kemudian Klopp memtuskan untuk mengundurkan diri posisi pelatih Mainz.

Klopp akhirnya resmi bergabung dengan salah satu klub Jerman lainnya Borussia Dortmund pada Mei 2008. Dirinya dikontrak selama dua musim untuk mengantikan pelatih sebelumnya Thomas Doll.

Di tangan klopp, Dortmund berhasil menjadi juara Bundesliga secara berturut-turut pada tahun 2011 dan 2012. Di kompetisi Eropa Klopp berhasil membawa Die Borussen ke partai final Liga Champions pada tahun 2013.

Dortmund berhasil mengalahkan raksasa Eropa Real Madrid di babak semifinal dengan skor agregat 4-3. Namun, sayang anak asuh Klopp harus kalah di partai final dari Bayern Muenchen dengan skor tipis 1-2.

Namun di tahun 2014 penampilan Die Borussen seperti kehilangan kehebatannya. Terbukti Dortmund sempat menempati posisi ke-17 klasemen sementara Bundesliga. Hal itulah yang membuat Klopp dengan besar hati memutuskan untuk mundur sebagai pelatih pada akhir musim.

Sampai saat ini Klopp masih berstatus pengangguran. Namun pesona Klopp terbukti masih menjadi daya tarik untuk beberapa klub-klub besar Eropa karena dinilai mampu membangun sebuah tim dengan komposisi pemain muda. (Jnp/Ary)

Jurgen Klopp / REUTERS/Alessandro Bianchi (ITALY - Tags: SPORT SOCCER)

Baca Juga :

Kisruh Pra PON Sepak Bola, KONI Kecam Tim Transisi

Rodgers Dipecat, Siapa Calon Pengganti Manajer Baru Liverpool?

Milan Terpuruk, Mihajlovic Masih Pede Latih Rossoneri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini