Sukses

Athletic Bilbao vs Real Madrid: Rekor Buruk Benitez di San Mames

Dalam tujuh lawatan ke San Mames Barria, Rafael Benitez belum sekalipun mencatat kemenangan di San Mames Barria.

Liputan6.com, Jakarta Rafael Benitez mencoba untuk melanjutkan awal yang mengesankan sebagai pelatih Real Madrid ketika Cristiano Ronaldo cs menghadapi Athletic Bilbao pada pekan kelima La Liga Spanyol di San Mames Barria, Bilbao, Kamis (24/9/2015) pukul 02. 00 WIB. Dari empat laga yang sudah dilakoni, Los Blancos tiga kali menang dan sekali imbang. Tercatat Madrid telah mencetak 12 gol dan belum pernah kemasukan.

Menghadapi Bilbao, Benitez harus kehilangan Sergio Ramos yang mengalami cedera bahu. Sebelumnya, Madris sudah kehilangan Gareth Bale (cedera betis), James Rodriguez (cedera paha), dan Danilo. Absennya Ramos membuat Benitez menduetkan Pepe dengan Raphael Varane sebagai bek tengah seperti ketika menang 1-0 atas Granada pada akhir pekan lalu.

Tetapi, tidak mudah bagi Madrid untuk melakoni laga San Mames Barria. Dalam dua kunjungan terakhir, Cristiano Ronaldo cs belum pernah menang di stadion yang baru direnovasi pada 2013 lalu. Pada 2 Februari 2015, laga berakhir imbang 1-1. Saat itu, Madrid unggul lebih dulu lewat Jese Rodriguez. Ibai Gomez menyamakan kedudukan di menit ke-75. Pada laga itu, Ronaldo diusir keluar usai skor 1-1. Semusim sebelumnya, Los Blancos menyerah 0-1 dari Bilbao.

San Mames Barria tak hanya tidak bersahabat pada Madrid, tapi juga dengan Benitez. Dari tujuh kali lawatan ke San Mames Barria bersama Valladolid, Extremadura, Valencia, dan Napoli, Benitez belum sekali pun mencatat kemenangan. Mantan manajer Liverpool itu cuma meraih tiga hasil imbang serta empat kekalahan.

Athletic Club Bilbao vs Real Madrid (Liputan6.com/Ari Wicaksono)

Lantas bagaimana kesiapan Bilbao menjamu Madrid? Dari empat laga yang sudah dilakoni, Bilbao baru meraih satu kemenangan. Akhir pekan lalu, skuat asuhan Ernesto Valverde ini dikalahkan Villareal dengan skor 1-3. Dalam lima pertemuan terakhir dengan Madrid, Bilbao tiga menelan kekalahan, dan itu terjadi di partai tandang.

Bisakah Madrid dan Benitez mengakhiri keangkeran San Mames Barria pada laga nanti? Semua itu tak menutup kemungkinan Madrid meraih kemenangan pada laga nanti. Apalagi, Ronaldo tengah dalam performa meningkat meski akhir pekan lalu tidak mencetak gol ke gawang Granada. (Bog/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.