Sukses

PSM vs PBFC: Panaskan Mesin Menuju Perempat Final

Kedua kubu sama-sama telah lolos ke perempat final. Lantas apa ambisi keduanya di laga terakhir grup D, sore hari nanti.

Liputan6.com, Makassar - Dua tim dari grup D, PSM Makassar dan Pusam Borneo FC (PBFC) memang sama-sama telah memastikan diri melaju ke babak perempat final Piala Presiden 2015. Tapi bukan berarti, pertandingan Selasa 7 September 2015 ini bakal menjadi laga formalitas.

Sebaliknya, PSM dan PBFC diyakini bakal menjadikan laga ini sebagai arena untuk memanaskan mesin ke perempat final. Bisa dibilang, kedua kubu memiliki materi pemain yang seimbang. Bila PBFC menggebrak Piala Presiden dengan mendatangkan Boaz Solossa yang notabene ikon Persipura Jayapura, maka PSM punya winger lincah, Ferdinand Sinaga.

Sejauh ini, baru Ferdinand Sinaga yang mampu mencetak gol. Sedangkan, Boaz sebenarnya mampu membuat satu gol di pertandingan kontra Persegres Gresik United. Namun, gol Boaz "dicuri".

Terlepas materi pemain yang dimiliki PSM dan PBFC yang bisa dibilang beda tipis, nyatanya kedua kubu belum sempat bersua. Musim lalu, kedua tim memang berbeda kasta. PSM berlaga di ISL sedangkan, PBFC masih berkutat di Divisi Utama. Rencananya, di musim 2015 ini kedua kubu bakal saling kenal di kompetisi tertinggi. Sayang, kompetisi harus dihentikan di tengah jalan gara-gara kisruh PSSI vs Kemenpora.

Meski belum pernah menjajal kekutan Pesut Etam, pelatih PSM, Assegaf Razak menyatakan bakal bermain taktis. Pola 4-3-3 ala Barcelona menjadi andalan Juku Eja. Tiga striker, Ferdinan Sinaga, Muchlis Hadi, dan Putra Dewa kemungkinan bakal diplot sebagai starter. Sedangkan, Samsul Chaerudin, Rasyid Bakrie dan Ardan Aras menghuni lini kedua.

"Saya sedikit banyak sudah tahu karakter permainan (Pusamania) Borneo FC. Saya minta pemain agar bermain taktis dan cepat baik dalam menyerang dan bertahan," kata Asegaf pada Liputan6.com.

Dari klasemen grup D, kekuatan PSM dan PBFC berimbang. Dari segi ketajaman, kedua kubu sama-sama mencetak 5 gol. Namun, hingga dua pertandingan yang telah digelar, PSM sejauh ini belum kebobolan. Sedangkan, PBFC baru sekali kemasukan. Penting bagi Ponaryo dkk mencari cara terbaik meruntuhkan benteng pertahanan tuan rumah.

Sementara itu, di kubu PBFC, pelatih Iwan Setiawan berniat merotasi pemain. Dua bek, Hamka Hamzah dan M.Roby bakal diparkir Iwan. Alasan mantan pelatih Persija Jakarta ini sederhana, yaitu memberikan waktu bermain pada pemain pelapis seperti Usep Munandar dan Rachmat Latief. Wajar kalau Iwan tidak takut menurunkan dua pemain ini, mengingat PBFC telah memastikan satu tempat di babak 8 besar.

"Jangan meragukan kualitas yang dimiliki keduanya, saya pribadi menilai Usep dan Latief juga tak kalah bagus kok," kata Iwan.

Jelang pertandingan, Iwan pun tidak sungkan melancarkan psywar pada tuan rumah. Menurut pelatih berkacamata ini, PSM hanya bermodal semangat juang tinggi dan dukungan suporter. "PSM adalah tim yang tidak rapi dalam hal organisasi antarlini, melainkan hanya mengandalkan kemampuan individu dari pemainnya," sambung Iwan.

Kendati bakal memarkir pemain pilar, PBFC bakal tetap memainkan sejumlah pemain berkelas seperti Boaz, Srdjan Lopicic, dan kreator serangan Ponaryo Astaman di lini tengah. Terens Owang Puhiri bakal ditempatkan sendiri di formasi 4-3-2-1. (Rjp/Rco)

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar: Dimas Galih, Muhammad Iqbal, Satrio Syam, Agung Prasetya, Ardan Aras, Syamsul Haeruddin, Rasyid Bakri, Aditya Putra Dewa, Muchlis Hadi, Ferdinand Sinaga.

Pusamania Borneo: Galih Sudaryono; Usep Munandar, Rahmat Latief, Zulvin Zamrun, M. Nizar; Ponaryo, Lopicic, Basri Lohy; Terens, Boaz, Jajang Mulyana

Lima Pertandingan Terakhir PSM Makassar :

04 September 15 PSM Makassar 2 – 0 Persipasi Bandung
31 Agustus 15 PSM Makassar 3 – 0 Gresik United
11 April 15 PSM Makassar 3 – 3 Sriwijaya
06 April 15 PSM Makassar 4 – 0 Persiba Balikpapan
05 September 14 Mitra Kukar 2 – 1 PSM Makassar

Lima Pertandingan Terakhir Pusamania Borneo :

04 September 15 Gresik United 1 – 3 Pusamania Borneo
31 Agustus 15 Persipasi Bandung 0 – 2 Pusamania Borneo
08 April 15 Persebaya Surabaya 1 – 1 Pusamania Borneo
05 April 15 Gresik United 2 – 1 Pusamania Borneo
08 Januari 15 Semen Padang 2 – 0 Pusamania Borneo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.