Sukses

Cuma Mampu Imbang, Barcelona Kehilangan Gelar Piala Super Spanyol

Sesuai prediksi semula, Barcelona bakal menemui jalan terjal untuk memetik kemengan

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona gagal merebut Piala Super Spanyol setelah bermain imbang 1-1 di leg kedua kontra Athletic Bilbao, Selasa 18 Agustus 2015 dinihari WIB. Trofi pertama musim ini lepas dari genggaman Lionel Messi Cs.

Sesuai prediksi semula, Barcelona bakal menemui jalan terjal guna mendapatkan keajaiban di Camp Nou setelah hasil memalukan di pertemuan pertama lalu di mana Azulgrana kalah telak 0-4 di San Mames, kandang Bilbao.

Magis Camp Nou pun tidak mempan menghalangi jalan Bilbao merebut piala Super Spanyol. Ya, bertindak sebagai tuan rumah di leg 2, Barcelona tampak masih kurang bertenaga di hadapan tim besutan Ernesto Valverde itu. Lionel Messi baru bisa membuka keunggulan dua menit jelang jeda, atau tepatnya di menit 43.

Jelas, gol Messi itu tidak memberikan pengaruh banyak. Soalnya, syarat Barcelona untuk membalikkan kedudukan sangat berat. Selain harus menang lebih dari empat gol dan dilarang kebobolan.

Barcelona vs Athletic Bilbao

Drama lebih banyak terjadi di babak kedua, ketika dua kartu merah keluar untuk bek Barcelona, Gerard Pique dan Kiko Sola. Barcelona lebih dulu bermain dengan 10 orang setelah Pique diusir keluar menit 56 disusul Sola di menit 86.

Barcelona yang kehilangan satu pemain ternyata memberikan angin segar bagi tuan rumah untuk menyamakan kedudukan sekaligus memperbesar agregat menjadi 5-1. Gol penyeimbang Bilbao dilesakaan Aritz Aduriz di menit 74. Tidak salah menyebut kalau Aduriz benar-benar menjadi mimpi buruk Barcelona. Pada pertemuan pertama, Aduriz mampu mencetak hattrick ke gawang tim peraih treble-winner itu.

Kedudukan 1-1 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Padahal, Barcelona besutan Luis Enrique memiliki kesempatan guna memperlebar kedudukan. Juara bertahan La Liga itu tampil cukup mendominasi.

Dari catatan statistik, setidaknya Barcelona melepaskan 17 tembakan, 4 di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan, Bilbao hanya mampu menembak 7 kali. Dari segi penguasaan bola, Barcelona memimpin jauh 73% berbanding 27%. Tapi kekalahan besar di leg pertama benar-benar membuat Barcelona tidak berdaya mengejar selisih 4 gol di pertemuan kedua. (Rjp/Ary)

Susunan Pemain

Barcelona: Claudio Bravo, Gerard Pique, Dani Alves, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu, Ivan Rakitic (Sandro Ramirez), Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Pedro (Munir El Haddadi), Luis Suarez, Lionel Messi

Athletic Bilbao: Gorka Iraizoz, Eneko Boveda, Aymeric Laporte, Xabier Etxeitia (Gokar Elustondo), Mikel Balenziaga, Javier Eraso, Benat (Mikel Rico), Oscar de Marcos, Markel Susaeta, Carlos Gurpegui, Aritz Aduriz (Kiko Sola)

Baca Juga:

Reaksi Rossi Ketika Lorenzo Samai Poinnya

Seperti Ini Wajah Imut 7 Pelatih Saat Masih Jadi Pemain Bola

Mourinho Pahami Ambisi Duo Manchester Musim Ini

Misteri Rp 5 Triliun dan Van Gaal yang Masih Labil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini