Sukses

Kalahkan Barcelona, MU Jadi Klub Termahal di Alam Semesta

Dalam dua musim berturut-turut, Manchester United menjadi klub termahal di alam semesta.

Liputan6.com, Manchester - Dalam dua musim berturut-turut, Manchester United menjadi klub termahal di alam semesta. Bahkan, keuangan MU setelah memastikan diri tampil di Liga Champions bertambah.

Menurut laporan terbaru dari The Brand Finance Football, MU menjadi klub pertama yang keuangannya berhasil menembus US$ 1,2 miliar, atau setara dengan Rp 16 triliun.

Logo Manchester United (Liputan6.com/Sangaji)

Dengan demikian, klub berjuluk Setan Merah itu menjadi kesebelasan paling berharga. Tidak hanya itu, MU jadi merek paling berharga di dunia sepak bola.

Kekayaan tim asuhan Louis van Gaal tersebut mengalahkan klub-klub besar seperti Real Madrid, Bayern Muenchen, Manchester City dan Chelsea. Bahkan merek juara Liga Champions musim ini, Barcelona hanya bernilai US$ 773 juta (Rp 10,3 triliun).

Bersambung ke halaman selanjutnya --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

CEO Brand Finance, David Haigh mengatakan, orang yang memegang kunci kesuksesan MU sebagai klub dengan merek termahal di dunia adalah Ed Woodward.

"Keberhasilan Manchester United didalangi oleh Ed Woodward ketika menjual Ronaldo dan menghasilkan sisi komersial di sepak bola," tutur dia.

"Seperti Sir Alex Ferguson yang mengemangkan MU, Woodward mengembangkan fan-base di seluruh dunia dan penawaran sponsorship untuk menguatkan nilai merek mereka," tegas David.

Manchester United vs Manchester City (Reuters / Darren Staples)

Hal itu bisa ditujukan dengan kerja sama MU bersama sponsor utamanya, Chevrolet senilai 47 juta pound (Rp 964 miliar) setiap tahunnya. Nilai kontrak Chevrolet disebut-sebut dua kali lebih besar dari sponsor Setan Merah sebelumnya, AON.

Selain itu, MU juga menjalin kerja sama termahal di dunia dengan apparel perlengkapan olahraga, Adidas selama 10 tahun. Setiap tahunnya, rekening MU akan bertambah Rp 1,5 triliun, atau bisa dikatakan 3 kali lipat lebih besar ketika bekerja sama dengan Nike. (Cak/Ary)

Baca juga:

Lebih Jago Depay, Neymar atau Robben? Intip Data di Sini!

5 Manajer yang Bisa Bawa Liverpool Kembali ke Liga Champions

Bukti Nyata Laga Korea Selatan di Piala Dunia 2002 Diatur FIFA

Dituduh Operasi Plastik, Ini Jawaban Mantan Pacar CR7

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini