Sukses

6 Dinasti Ayah dan Anak yang Menjadi Pesepak Bola

Liputan6.com, Jakarta - Pernah dengar kalimat: like father, like son atau buah tidak pernah jatuh dari pohonnya? Kalimat dan peribahasa itu mengungkapkan kalau kepribadian atau pekerjaan sang ayah diikuti oleh anaknya.

Ungkapan tersebut juga bisa dirasakan dalam dunia Si Kulit Bundar. Beberapa pesepak bola ternama yang sudah menjadi seorang ayah menjadi panutan anaknya dalam berkarier.

Setidaknya, ada enam pesepak bola yang jejaknya diikuti oleh sang buah hati. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di halaman berikut.

2 dari 7 halaman

Van der Sar

1. Edwin van der Sar

Semasa berkiprah di dunia sepak bola, Edwin van der Sar adalah seorang kiper. Dia adalah legenda Timnas Belanda dan Manchester United.

Kiprah pria berusia 44 tahun tersebut diikuti oleh sang anak, Joe Van Der Sar. Sang ayah memasukkan Joe ke akademi Ajax Amsterdam. Posisi Joe yang kini berusia 17 tahun sama dengan sang ayah, yakni seorang penjaga gawang.

3 dari 7 halaman

Yusuf Ekodono

2. Yusuf Ekodono

Di Indonesia juga ada ayah dan anak yang bergelut di dunia sepak bola. Legenda Persebaya, Yusuf Ekodono punya anak yang meneruskan kiprahnya di lapangan hijau.

Sang anak yang bernama Fandi Eko Utomo juga berkiprah di sepak bola. Menariknya, baik anak dan ayah juga memperkuat tim yang sama, yakni Persebaya.

4 dari 7 halaman

Paolo Maldini

3. Paolo Maldini

Christian Maldini adalah generasi ketiga yang berkarier di dunia sepak bola dalam keluarga Maldini. Pria berusia 18 tahun tersebut adalah anak kandung dari legenda AC Milan, Paulo Maldini.

Christian Maldini yang berposisi sebagai bek kiri memperkuat AC Milan Primavera. Jika nanti sudah menembus skuat inti Milan, maka dia akan mengenakan nomor peninggalan sang ayah, yakni 3.

5 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

4. Zinedine Zidane

Anak sulung Zinedine Zidane yakni Enzo Zidane juga menjadi ayah dan anak yang dijuluki like father like son. Enzo adalah pemain Real Madrid C. Gelandang serang berusia 20 tahun tersebut pernah memperkuat Real Madrid Castilla yang dilatih ayahnya pada Oktober tahun lalu.

6 dari 7 halaman

David Beckham

5. David Beckham

David Beckham adalah pemain legendaris Manchester United dan Timnas Inggris. Semaja jayanya sebagai pesepak bola, Beckham dikenal sebagai gelandang dengan akurasi tendangan bebas paling menakutkan di dunia.

Anak sulungnya yang bernama Brooklyn Beckham juga seorang pesepak bola. Pemuda berusia 16 tahun itu dimasukkan sang ayah ke akademi Arsenal. Namun sayangnya, sesuai dengan kabar terakhir yang terdengar, Arsenal tidak memperpanjang kontrak Brooklyn.

7 dari 7 halaman

Danny Blind

6. Danny Blind

Danny Blind adalah pemain legendaris Ajax Amsterdam yang kini berkarier sebagai asisten pelatih Timnas Belanda. Anaknya, Daley Blind juga mengikuti jejak Danny.

Blind adalah pemain serba bisa yang dimiliki Manchester United. Pemain berusia 25 tahun itu sudah mencetak dua gol dari 18 pertandingan bersama MU di Liga Premier Inggris.