Sukses

3 Momen Saat Laga Sepak Bola Tergusur dari GBK

Beberapa kepentingan memaksa event olahraga mengalah pada acara lain untuk memakai GBK.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki satu stadion kebanggaan, Stadion Utama Gelora Bung Karno. Berstatus sebagai stadion terbesar, GBK kerap menggelar ajang-ajang olahraga internasional.

Salah satu olahraga yang sering menggunakan venue ini adalah sepak bola. Salah satu klub Indonesia Super League, Persija Jakarta, sudah menetapkan GBK sebagai markas utama mereka. Selain itu laga-laga internasional yang selalu dilakoni tim nasional juga banyak digelar di stadion yang terletak di Senayan, Jakarta ini.

Akan tetapi bagaimana jika ada kepentingan lain yang mengganggu jadwal pertandingan olahraga yang hendak digelar di GBK? Itulah fenomena yang selalu timbul dan berdampak kurang baik bagi perkembangan prestasi tim olahraga itu.

Kabar terbaru, laga pra Olimpiade dan Pra Piala Asia U-23 2016 grup H terancam batal digelar. Pasalnya laga yang akan digelar pada 27-31 Maret 2015 itu berdekatan dengan jadwal konser One Direction.

Akibatnya, PSSI menyiapkan stadion Manahan, Solo sebagai alternatif jika memang Timnas akan 'tergusur' dengan kehadiran boy band asal Inggris itu. Karena kondisi rumput di GBK kemungkinan tidak layak pakai usai dipakai konser yang bakal dipenuhi penonton tersebut.

Kemungkinan digusurnya Timnas U-23 dari GBK karena One Direction membuat pecinta bola gusar. Mereka menyerang One Direction. Hashtag #SaveGBK menggelora di Twitter dan menjadi trending topic di Indonesia.

"Ohh....jadi GBK mau di pake buat konser,, itu lapangan kali buat maen bola bukan buat konser #SaveGBK," kicau pemilik akun @aprianadwi.

Namun ternyata banyak kejadian-kejadian lain yang serupa. Tempat yang lazimnya digunakan sebagai venue untuk ajang olahraga harus 'berganti peran' sebagai penggelar ajang di luar olahraga.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persija Vs KBS Music Bank

Persija Jakarta sempat terkena imbas dari kepentingan pihak lain untuk menggunakan stadion GBK. Pada musim 2013, tim Macan Kemayoran itu tidak dapat menjamu Persela Lamongan di GBK.

Laga yang seharusnya digelar pada Sabtu (9/3/2013) itu harus dipindah ke stadion Manahan, Solo. Pasalnya satu hari sebelumnya, GBK dipakai untuk menggelar KBS Music Bank World Tour 2013.

Tentu hal ini sangat memberatkan Persija. Karena mereka harus bermain di tempat yang sebenarnya bukanlah 'kandang' mereka. Tentu atmosfer pertandingan dan dukungan penonton sangat berbeda jika dibandingkan dengan di GBK.

3 dari 3 halaman

Timnas U-23 Vs Ulang Tahun Partai

Tim nasional U-23 Indonesia harus rela memindahkan tempat pemusatan latihannya dari Gelora Bung Karno saat persiapan SEA Games 2011. Karena pada saat itu, lapangan akan digunakan untuk menggelar acara ulang tahun sebuah partai politik.

Akibatnya, Timnas harus menggelar pemusatan latihan dan uji coba kontra Persikota Tangerang di Cilegon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini