Sukses

Perangkat Ini Bikin Wasit ISL Mirip Liga Inggris

Vanishing spray pertama kali dipakai di Piala Dunia 2014 di Brasil

Liputan6.com, Jakarta Menjelang bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015, PT Liga Indonesia membuat terobosan baru. Rencananya, wasit-wasit di ISL bakal memakai vanishing spray, perangkat yang juga digunakan oleh wasit-wasit di Liga Inggris maupun Liga Champions.

Terang saja, terobosan ini diyakini akan membuat kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia akan semakin menarik. Vanishing Spray juga akan memudahkan kerja dan tugas para pengadil lapangan hijau di Indonesia.   

Seperti diketahui, vanishing spray adalah alat semprot yang digunakan sebagai penanda batas garis antara bola dan pagar pemain saat terjadi tendangan bebas di daerah dekat area kotak penalti atau sepertiga lapangan. Pertama kalinya vanishing spray digunakan saat Piala Dunia 2014 di Brasil.  

“Musim ini kita coba dulu di ISL, nanti bisa menyusul untuk Divisi Utama. Seluruh klub sudah kita beritahu dan sosialisasikan,” kata Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigor Shalom Boboy di situs Liga Indonesia, Selasa 10 Maret 2015.   

Sementara itu, anggota Komisi Wasit PSSI, Jimmy Napitupulu, menyambut baik penggunaan vanishing spray di ISL musim ini. Jimmy berharap, dengan penggunaan vanishing spray, para pemain lebih patuh ketika terjadi tendangan bebas.

"Harapan saya supaya pemain benar-benar mematuhi jarak yang sudah ditentukan sesuai aturan main FIFA," ungkap Jimmy.

Baca Juga:

PSSI Tunjuk CEO Persebaya Jadi Manajer Timnas U-23

Terbuang dari Liga Inggris, Mereka Jadi Bintang di Italia

Takut Cicak, Striker Seleksi Persib Susah Tidur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.