Sukses

Profil Tim ISL 2015 : Tekad Pusamania Borneo Ukir Prestasi

Pusamania memboyong beberapa pemain papan atas agar tidak sekadar numpang lewat di ISL 2015.

 
Liputan6.com, Cukup satu musim bagi Pusamania Borneo untuk naik kasta ke Indonesia Super League (ISL) 2015. Kepastian itu didapat tim yang mengakuisisi Perseba Super Bangkalan usai merengkuh gelar juara Divisi Utama 2014 lalu.
 
Di final DU 2014 lalu, PBFC yang diarsiteki Iwan Setiawan menang tipis 2-1 atas Persiwa Wamena di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, November 2014 lalu. Bersama Persiwa, tim berjuluk “Pesut Etam” berhak atas jatah promosi ke kompetisi kasta tertinggi Tanah Air.
 
Sukses PBFC promosi ke ISL diiringi cerita menarik. Tim asal Kalimantan Timur sempat dikaitkan dengan skandal sepak bola gajah di DU 2014. Ketika itu, pemain PSS Sleman dan PSIS Semarang saling cetak gol bunuh diri demi menghindari PBFC di semifinal.
 
Menghadapi ISL 2015, manajemen PBFC serius berbenah agar menoreh prestasi di musim perdana. Presiden PBFC Nabil Husein Said Amin memutuskan merekrut pelatih asing asal Moldova Arcan Iurie Anatolievici sebagai pengganti Iwan.
 
Selain itu, PBFC merekrut para pemain yang kenyang pengalaman bermain di kompetisi kasta tertinggi. Mulai dari Hamka Hamzah, Okto Maniani, Egi Melgiansyah, Fandi Mochtar, Victor Pae, Galih Sudaryono, hingga striker Saktiawan Sinaga. 
 
Deretan pemain lokal ini dikombinasikan dengan tiga pemain asing yakni bek Martin Kovachev dan dua gelandang serang impor yang tampil apik di ISL 2014, Srdan Lopicic dan Erick Weeks Lewis.
 
Para pemain anyar ini dikombinasikan dengan delapan pemain yang masih dipertahankan, salah satunya bek veteran Usep Munandar. Dengan para pemain ini, PBFC diyakini bisa kangsung berprestasi di musim pertama. “Yang terpenting adalah kualitas. Dan, pemain yang kami datangkan menurut kami punya kualitas mumpuni,” ucap Nabil optimistis.
 
Optimisme serupa juga diusung Okto. Winger lincah ini bertekad membawa PBFC berprestasi sekaligus membuka jalan kembali memperkuat timnas. Musim lalu, mantan pemain Perseru Serui gagal tampil optimal lantaran digerogoti persoalan cedera. "Saya merasa tertantang membalas kepercayaan PBFC dengan prestasi,” ucap pemain berusia 24 tahun ini.
 
DATA KLUB
 
Nama lengkap: Pusamania Borneo Football Club (PBFC)
Julukan: Pesut Etam
Didirikan: 2014
Stadion: Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur
Pemilik: Pusamania (by PT Nahusam Pratama Indonesia)
Presiden: Nabil Husein Said Amin
Pelatih: Arcan Lurie
Liga: ISL
2014: Juara Divisi Utama 2014
 
Prestasi
 
Juara Divisi Utama 2014
 
Lanjut ke halaman berikutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Pemain Bintang

Arcan Iurie telah resmi ditunjuk sebagai nakhoda baru Pusamania Borneo FC di Indonesia Super League (ISL) 2015. Kehadiran pelatih asal Moldova ini diharapkan bisa mengerek prestasi PBFC yang notabene berstatus pendatang baru di ISL 2015.

Sejak pertama kali datang ke Indonesia tahun 2005 lalu, sosok Iurie identik dengan klub-klub besar di Tanah Air. Mulai dari Persija Jakarta, Persebaya Surabaya hingga Persib Bandung pernah merasakan racikan strateginya.

Prestasi terbaik Iurie selama berkarier sebagai pelatih terjadi bersama Persija. Dia sukses membawa tim “Macan Kemayoran” hingga partai puncak Divisi Utama 2005. Sayang, di final tim ibukota keok 0-2 dari Persipura Jayapura.

Musim lalu, Iurie gagal mencatat prestasi. Ia gagal menyelamatkan Persepam Madura United dari jeratan degradasi. Namun, fakta itu tidak mengurangi minat “Pesut Etam, julukan PBFC.

Iurie pun bertekad membayar kepercayaan itu dengan memberikan prestasi bagi PBFC. Terlebih, ia dibekali materi pemain yang terbilang mumpuni. Sebut saja Hamka Hamzah, Okto Maniani, Srdan Lopicic hingga Erick Weeks.

“Kami pasti selalu ingin menang dan saya ingin memberikan pencapaian yang terbaik musim depan,” kata Iurie menuturkan. “Saya pribadi siap bekerja keras. Kami sudah menetapkan target tapi biar itu Tuhan yang mengatur,” ia menambahkan.

BIODATA PELATIH

Nama: Arcan Iurie
Asal:
Moldova

Karier Pelatih

Persija Jakarta
Persib Bandung
Persik Kediri
Persebaya Surabaya
Persita Tangerang

Lanjut ke halaman berikutnya>>

3 dari 3 halaman

Skuat 2015

Erick Weeks Lewis melengkapi daftar pemain asing tim promosi Pusamania Borneo FC di Indonesia Super League (ISL) 2015. Sebelumnya, tim asal Kalimantan Timur sudah lebih dahulu merekrut Martin Kovachev (Bulgaria) dan Srdan Lopicic (Serbia).
 
Pemain asal Liberia ini merupakan playmaker jempolan . Hal itu sudah dibuktikannya saat memperkuat tiga klub berbeda di Tanah Air, Persiwa Wamena, Sriwijaya FC, dan  Mitra Kutai Kartanegara. Bersama tiga klub itu, gelandang serang berusia 28 tahun ini selalu berperan sebagai pemain kunci di sektor tengah.
 
Bahkan, di ISL musim lalu Erick Weeks membuktikan kalau dirinya bukan hanya memiliki visi bermain di atas rata-rata dan jago memberikan assist, tapi juga mampu mencetak gol. Delapan gol dilesakkannya bersama tim berjuluk “Naga Mekes” musim lalu.
 
Kini, bersama PBFC Erick Weeks ingin memperlihatkan performa yang sama seperti yang sudah diperlihatkannya selama ini. Playmaker berkaki kidal ini pun bertekad membawa PBFC terbang tinggi walau hanya berstatus tim promosi.
 
"Saya ingin memberikan gelar. Saya ingin tim ini selalu meraih kemenangan,” ujar pemain yang tidak menargetkan jumlah gol dan assist ini. “Saya yakin kami semua punya semangat dan motivasi yang sama untuk memberikan yang terbaik di atas lapangan,” ia menambahkan.
 
BIODATA PEMAIN
 
Nama Lengkap: Erick Weeks Lewis
Asal: Liberia
Tempat Tanggal Lahir: Paynesville, 10 Maret 1986
Tinggi: 173 cm
Posisi: Gelandang Serang

Karier Profesional
 
Tahun Klub Main Gol

2003−2005 UMC Roots 30 (8)
2005−2006 Mighty Barrolle 18 (7)
2006−2007 Cotonsport Garoua 18 (6)
2007-2008 Renacimiento 23 (7)
2008−2012 Persiwa Wamena 111 (39)
2012−2013 Sriwijaya 18 (6)
2013 Barrack Young Controllers
2014−2015 Mitra Kukar 25 (8)
2015− Pusamania Borneo FC 0 (0)

Tim Nasional
 
Tahun Tim Main Gol
 
2007- Liberia 20 (0)
 
Lanjut ke halaman berikutnya>>


Kiper

Galih Sudaryono
M, Ramadhani
Hendra Susilo
Juni Irawan

Bek

Martin Kovachev
Rachmat Latief
Usep Munandar
Victor Pae
Afriyandi
Achmad Hisyam Tolle
Tommy Oropka
Hamka Hamzah

Tengah

Zulvin Zamrun
Ade Jantra
Basri Lohy
Egi Melgiansyah
Erick Weeks
Srdan Lopicic
Hermansyah Muchlis
Fandy Mochtar
Okto Maniani

Depan

Aldaier Makatindu
Ari Supriatna
Febri Setiadi Hamzah
Saktiawan Sinaga
Ali Ridho
Fandi Achmad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini