Sukses

Pemain Senegal Ini Bisa Singkirkan West Ham dari Piala FA

Siapa pemain Senegal yang dimaksud? Mengapa berpengaruh terhadap hasil Piala FA West Ham?

Liputan6.com, London: West Ham bisa tersingkir dari Piala FA gara-gara tidak mengizinkan striker Diafra Sakho membela Senegal di Piala Afrika 2015. Maka itu, hasil babak keempat Piala FA dimana West Ham menang 1-0 atas Bristol City bisa dibatalkan.

Soalnya, Sakho menjadi penentu kemenangan lewat satu gol yang dicetaknya. Dugaan ini muncul setelah FIFA menandaskan jika mereka sedang memantau kemungkinan pelanggaran yang dilakukan West Ham terkait Sakho.

Jika terbukti salah, maka posisi West Ham di babak kelima bakal digantikan Bristol City. Awalnya, Sakho dikabarkan tidak bisa ikut Piala Afrika karena cedera punggung. Kecuali mendapatkan izin dari Senegal, tampilnya Sakho di babak keempat Piala FA bisa diabaikan.

Namun karena tak mendapatkan izin, maka West Ham bisa dinyatakan melanggar aturan FIFA dimana pemain yang seharusnya membela timnas tak sepatutnya membela klub.

Peraturan FIFA itu tercantum di pasal 6 ayat 2 FIFA terkait status dan transfer pemain. "Jika klub menolak untuk melepas pemain sesuai peraturan yang ada, maka Komite Status Pemain berhak untuk menganulir hasil yang didapatkan tim yang melanggar aturan tersebut dimana pemain yang dimaksud turut bermain," bunyi aturan FIFA.

"Semua pertandingan dengan sistem turnamen sudah bisa dinyatakan dimenangkan oleh tim lawan, tak peduli berapapun skornya."

Lanjut ke halaman berikutnya----->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klaim Tak Bersalah

West Ham sendiri ngotot tak melanggar aturan apapun. Mereka meminta FIFA untuk membatalkan pemeriksaan terhadap mereka. FIFA sendiri belum menjelaskan kapan bakal mengumumkan hasil investigasi.

Padahal, FIFA harus mengeluarkan keputusan 10 hari mendatang karena babak kelima Piala FA dimana West Ham jumpa West Bromwich Albion bakal segera digelar.

Seperti dilansir Guardian, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) belum menanggapi apa-apa terkait investigasi FIFA tersebut. Mereka bakal menggunakan tim legal mereka untuk menjawab situasi kisruh ini.

Bristol City pun menunggu hasil investigasi FIFA. Soalnya jika dinyatakan benar, maka Bristol City berhak mendapatkan hadiah uang 90 ribu pounds karena berhasil lolos ke babak kelima Piala FA.

Baca Juga:

Segera Perpanjang Kontrak, Kocek Coutinho Bakal Kian Tebal

Tinggalkan MU, Fletcher Resmi Gabung West Brom

Madrid Tim Paling Tajam di Liga Top Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini