Sukses

Bungkam Persebaya, Arema Tantang Sriwijaya di Final SCM Cup 2015

Liputan6.com, Palembang - Arema Cronous melangkah ke final Surya Citra Media (SCM) Cup 2015. Tim Singo Edan mengalahkan Persebaya Surabaya lewat kemenangan tipis 1-0 di babak semifinal.

Gol tunggal kemenangan Arema pada pertandingan ini dicetak secara spektakuler oleh Cristian Gonzales pada menit ke-99. Lawan Arema di partai final adalah Sriwijaya FC, yang sebelumnya menekuk Persela Lamongan 2-1. Partai final SCM Cup 2015 digelar di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya Jakabaring pada Selasa (27/1/2015) WIB.

Semifinal Surya Citra Medai (SCM) Cup 2015 mempertemukan Arema Cronous berhadapan melawan Persebaya Surabaya. Partai ini digelar di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (25/1/2015) malam WIB.

Arema Cronous turun dengan skema 4-4-2, bertumpu pada duet Cristian Gonzales dan Samsul Arif di lini serang. Adapun, Persebaya Surabaya menggunakan formasi 4-3-3. Trio Ilhamudin Armayn, David Balla, dan Hendro Siswanto menjadi tumpuan di lini serang.

Pertandingan berjalan dengan tempo sedang. serunya laga baru terasa selepas menit ke-15 karena sebelumnya kedua tim tampil hati-hati dan bola praktis hanya berkutik di tengah lapangan.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/800764/original/059151700_1422191657-JHN_3159.JPG

Pertandingan menginjak menit ke-13, Persebaya mendapatkan peluang pertama. Evan Dimas membawa bola dari tengah dan melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, arah bola menyamping di sisi kiri gawang Arema.

Empat menit berselang, giliran Arema ganti mengancam. Tembakan bebas Ahmad Bustomi masih mampu dipeluk nyaman oleh kiper Jendri Pitoy.

Arema kembali mendapatkan peluang bagus mencetak angka di menit ke-27. Samsul Arif Munip menyisir sisi kanan pertahanan Persebaya dan melepas tembakan kaki kanan keras. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang Persebaya.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua


Jalannya pertandingan di babak kedua semakin memanas. Kedua tim sama-sama bermain terbuka. Alhasil, banyak peluang tercipta. Pada babak ini, Persebaya tampil dominan dan bertumpu pada pergerakan Ilhamudin Armayn dalam melakukan serangan.

Pertandingan babak kedua berjalan lima menit, Persebaya mendapatkan peluang. Evan Dimas mencoba peruntungannya melalui tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, arah bola menyamping di sisi kiri gawang.

Hendro Siswanto dijatuhkan kiper Jendri Pitoy saat laga memasuki menit ke-68. Namun, wasit tak memberikan hadiah penalti bagi Arema karena menganggap tak ada kontak fisik berarti.

Hingga 90 menit waktu normal, tak ada gol tercipta. Pertandingan pun memasuki babak tambahan. Cristian Gonzales mencetak gol spektakuler di menit ke-99.

Menerima umpan silang datar dari sisi kiri pertahanan Persebaya, Gonzales menahan bola dengan kaki kanan dan kemudian melepaskan tembakan sepeda dengan kaki kiri ke pojok kanan gawang. Arema unggul 1-0 di babak tambahan pertama.
 
Gonzales hampir saja menggandakan pundi golnya di awal babak kedua ekstra time. Sontekan Gonzales di muka gawang Persebaya melambung di atas mistar gawang.

Persebaya juga memiliki peluang bagus menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Tembakan bebas Evan Dimas berhasil dihalau penjaga gawang I Made Wardana.

Arema harus bermain dengan sepuluh orang. Hasyim Kipuw mendapatkan kartu kuning kedua usai memukul kepala David Balla dari belakang. Tak ada tambahan gol tercipta hingga laga usai, Arema Cronous pun berhak melaju ke final SCM Cup 2015.

Susunan Pemain:

Arema Cronous: Made Wardana; Victor Igbonefo, Fabiano Beltrame, Alfarizi, Hasyim Kipuw; Bustomi, I Gede Sukadana, Siswanto, Sengbah Kennedy; Samsul Arif, Cristian Gonzles.

Persebaya Surabaya: Jendri Pitoy; Putu Gede, Firli Apriansyah, Otavio Dutra, Danny Saputra; Zulfiandi, Evan Dimas, Fandi Eko Utomo; Ilhamudin Armayn, David Balla, Siswanto.