Sukses

Bersaing di Asian Games, Sumsel Akui Jakarta Sebagai Musuh

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin tetap optimis Sumsel akan terpilih sebagai penyelenggara utama.

Liputan6.com, Palembang - Persaingan menjadi tuan rumah Asean Games 2018 di Indonesia semakin ketat antara dua provinsi besar yaitu Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Sumsel pun mengakui Jakarta merupakan musuh terkuat dalam perebutan tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin tetap optimis Sumsel akan terpilih sebagai penyelenggara utama pagelaran akbar pentas olahraga sekelas Olimpiade tersebut.

"Musuh kuat jangan dilawan, tetapi dirangkul. Tingginya semangat yang dimiliki Sumsel, itu yang tidak dimiliki Jakarta. Karena Jakarta baru akan membangun venue yang lokasinya terpencar, sedangkan Sumsel, venue-nya sudah bisa dibandingkan dengan Korea Selatan," katanya kepada Liputan6.com, di Palembang, Jumat (8/8/2014).

Ia mengetahui bahwa anggaran yang digelontorkan DKI Jakarta dalam rangka memperebutkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 sangat besar. Dana tersebut diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 1,6 Trilliun. Selain itu, Ibukota negara Indonesia ini juga didukung oleh banyak sponsor sebagai tuan rumah Asean Games 2018.

Kendati demikian,  hal itu tidak menyurutkan semangat Sumsel untuk bersaing menjadi tuan rumah Asian Games.

"Kalau ada yang mengatakan Asian Games di Ibukota negara, itu hal yang keliru. Asal kita mampu, jangan hanya bicara omong kosong. Venue di Sumsel dalam satu lokasi di Jakabaring dengan luas 350 hektar yang terletak di Ibukota Provinsi Palembang. Akuatik di Jakabaring lebih baik dibandingkan dengan yang dimiliki Korsel," ucapnya.

"Sumsel juga mempunyai stadium atletik terbaik di Asean. Golf tertua sejak zaman Belanda dengan nomor registrasi 001 yang telah teruji dalam pagelaran ISG beberapa waktu lalu dan juga event lainnya," lanjutnya.

Jika Sumsel terpilih sebagai tuan rumah Asean Games 2018, Alex yakin akan meningkatkan nilai investasi yang ditanamkan oleh investor.

"Selain prestise dan harga diri. Akan meningkatkan daya jual, saing, tawar kedepan. Asian Games 2018, bukan hanya di Jakarta. Namun, sebagian besar di Sumsel. Sehingga, akan membangkitkan kembali kejayaan Kerajaan Sriwijaya," tambahnya.

Untuk mencapainya, Pemprov Sumsel mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Sumsel. Karena, pihaknya memastikan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel.

"Kami harapkan dukungan penuh rakyat Sumsel, dengan dengan di reprenatisakan oleh DPRD Sumsel diujung pengabdian. Untuk menggapai impian, meningkatkan kesejahteraan rakyat," urainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini