Sukses

5 Keputusan Howard Webb yang Merugikan Liverpool

Webb memang dikenal sebagai wasit yang memiliki kedekatan dengan The Red Devils.

Liputan6.com, Jakarta - Howard Webb, wasit yang dikenal selalu memberi keputusan kontroversial ini ternyata kerap merugikan Liverpool. Pasalnya The Reds adalah salah satu pesaing Manchester United dalam perebutan gelar Liga Premier Inggris.

Webb memang dikenal sebagai wasit yang memiliki kedekatan dengan The Red Devils, tak heran beberapa keputusannya kerap menguntungkan mereka. Berikut adalah keputusan Webb yang merugikan The Reds:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT


1. West Ham United vs Liverpool (Piala FA 2006)

Di final Piala FA 2006, Liverpool berhadapan dengan West Ham United. Di laga itu kedua tim harus rela tampil tanpa kedua bintangnya, Liverpool harus tampil tanpa Luis Garcia, sedangkan West Ham harus tampil tanpa Hayden Mullins.

Pasalnya Webb memberikan kartu merah kepada dua pemain yang terlibat pertikaian di laga Liga Premier. Pada laga itu, Garcia dan Mullins terlibat bentrok usai keduanya bertubrukan.
http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/718803/original/hi-res-ba53ef3b2a39c1778251f0c52b1d3146_crop_north.jpg
Tanpa pikir panjang, Webb langsung memberi kartu merah pada kedua pemain. Namun publik menilai bentrokan itu tidak harus diganjar kartu merah. Akibatnya, kedua pemain itu dilarang tampil di laga final Piala FA yang hanya berjarak satu minggu usai insiden itu.

2. Arsenal vs Liverpool (Liga Premier 2010)

Liverpool dikalahkan Arsenal 0-1 pada laga Liga Premier, pada Februari 2010. Satu-satunya gol bagi Arsenal dicetak Abou Diaby.

Sebenarnya pada laga itu The Reds mampu menyamakan kedudukan apabila Webb memberi hadiah penalti. Pasalnya gelandang Arsenal, Cesc Fabregas, secara jelas menghalau bola dengan tangannya di depan gawang Arsenal.
http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/718807/original/hi-res-9c4061cff7d128f524ea11fe86d6fa0e_crop_north.jpg
Namun Webb tidak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Pertandingan pun dilanjutkan dan berakhir 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

3. Manchester United vs Liverpool (Liga Premier 2010)

Petaka menimpa Liverpool pada Maret 2010. Saat itu Liverpool dipaksa tumbang dari Manchester United 1-2.

The Reds berhasil unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak Fernando Torres. Namun akhirnya MU berhasil menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Wayne Rooney.
http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/718801/original/hi-res-cef8d456e7975a542c5439a7ce98524e_crop_north.jpg
Howard Webb memberi hadiah penalti bagi MU usai Ashley Young dilanggar Javier Mascherano. Namun sebenarnya, Mascherano melanggar Young di luar kotak penalti, hanya saja Young berhasil meyakinkan Webb dengan melompat masuk dan mengerang kesakitan di dalam kotak penalti Liverpool.

Laga pun berakhir 2-1 untuk keunggulan The Red Devils.

Baca Juga:
MU Setuju Gaji Vidal Rp 189 Miliar
Inilah Calon Kuat Pengganti Vidic di MU
James Wilson Cetak 4 Gol, MU Hantam Man City

3 dari 3 halaman

NEXT


4. Liverpool vs Tottenham Hotspur (Liga Premier 2011)

Liverpool menyerah 0-2 dari Tottenham di laga Liga Premier. Saat Spurs memimpin 1-0, The Reds mulai dapat menguasai jalannya pertandingan, namun harapan Steven Gerrard dan kawan-kawan pupus usai gol kedua bagi Spurs tercipta.

Gol kedua bagi Spurs berawal dari keputusan Webb yang memberikan hadiah penalti bagi Tottenham usai melihat bek Liverpool, Jon Flanagan, melanggar gelandang Tottenham, Steven Pienaar. Namun saat diputar ulang, kejadian tersebut sebenarnya terjadi di luar kotak penalti Liverpool.

5. Chelsea vs Liverpool (Liga Premier 2013)

Penyerang Liverpool saat itu, Luis Suarez, nampaknya pantas geram pada keputusan Howard Webb saat timnya berhadapan dengan Chelsea di Liga Premier. Pasalnya Suarez dua kali mendapat pelanggaran serius dari pemain Chelsea namun Webb tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Suarez dilanggar cukup keras oleh penyerang Chelsea, Samuel Eto'o. Padahal saat itu pria Uruguay tersebut sedang tidak membawa bola, namun Webb yang jelas-jelas melihat itu tidak menghiraukannya dan tetap melanjutkan pertandingan.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/718800/original/hi-res-f7f336f9d6b7c02292ebe05470790e66_crop_north.jpg


Beberapa menit berselang, aksi Suarez di kotak penalti Chelsea terpaksa dihentikan John Terry dengan cara yang tidak wajar. Terry menggunakan tubuh Suarez sebagai pijakan untuk menjangkau bola saat melakukan duel udara dan Webb pun tidak menghiraukan kejadian itu.

Laga pun berakhir 2-1 untuk keunggulan Chelsea. Usai kejadian tersebut banyak fans Liverpool yang geram dan mempertanyakan kapabilitas seorang Howard Webb.

Baca Juga:
Persebaya Siap Libas Persiram di Maguwoharjo
James Wilson Cetak 4 Gol, MU Hantam Man City
Pacar CR7 Temui Gadis Korban Penembakan Taliban

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa
    Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa

    Steven Gerrard

  • Ashley Young adalah seorang atlet sepak bola yang tergabung dalam klub Manchester United
    Ashley Young adalah seorang atlet sepak bola yang tergabung dalam klub Manchester United

    Ashley Young

  • Javier Mascherano adalah pemain sepak bola Profesional asal Argentina yang sekarang membela Barcelona
    Javier Mascherano adalah pemain sepak bola Profesional asal Argentina yang sekarang membela Barcelona

    Javier Mascherano

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Howard Webb

  • Luis Garcia

Video Terkini