Sukses

Arab Saudi Borong Tiket

Kekhawatiran bakal sepinya penonton pada partai final Piala Asia 2007 tidak cukup beralasan. Sebanyak 25 ribu lembar tiket laga pamungkas, Minggu (29/07) malam, di Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) ini telah dipesan.

Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) akan menjadi saksi tim mana yang akan mengangkat trofi Piala Asia 2007. Dua tim, Arab Saudi dan Irak yang nun jauh dari seberang samudera di belahan Timur Tengah akan saling berseteru guna memperebutkan lambang supremasi tertinggi sepakbola antar negara se-Asia.

Kekhawatiran animo penonton yang akan hadir langsung di SGBK, Minggu (29/07) malam, menyeruak. Karena seyogyanya atmosfir partai final menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah event. Namun kekhawatiran itu ditepis oleh panitia lokal (LOC) Piala Asia untuk Indonesia.

Dari laporan yang diterima sampai Kamis (26/07), LOC Indonesia menyebut paling tidak sekitar 25.000 penonton akan hadir langsung di stadion. Sebanyak 25.000 lembar tiket telah berpindah tangan ke pendukung Arab Saudi dan World Sport Group (WSG) yang menjadi mitra Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dalam penggalangan turnamen ini.

“Sebanyak 15 ribu lembar tiket kategori IV dipesan pihak Arab Saudi. Sedangkan 10 ribu tiket kategori III dipesan oleh WSG,” papar Sekretaris Umum LOC Indonesia, Hamka Kady, yang mengawasi langsung penjualan tiket final. Ini membuat LOC Indonesia bisa berbesar hati mengingat jumlah tadi membuat seperempat kapasitas SGBK terpenuhi. Pesanan tadi belum termasuk penjualan ribuan tiket kategori I dan II yang tinggal didistribusikan langsung.

Mulai Jumat kemarin ticket-box mulai dibuka untuk melayani pembelian tiket kategori I sampai IV. Penjualan terus dilakukan sampai hari H, Minggu nanti. Ticket-box dibuka di depan Mesjid Al Binna, di depan gerbang menuju kantor pusat PSSI, lobi utara depan TVRI dan lobi timur dekat Parkir Timur Senayan. Kekhawatiran menyeruak karena harga tiket final dipastikan tidak didiskon. Untuk kategori I dijual senilai Rp 500 ribu, kategori II (Rp 250 ribu), kategori III (Rp 150 ribu) dan Rp 50 ribu untuk kategori IV.

Mengenai bagaimana dan kepada siapa saja sebanyak 25 ribu lembar tiket itu akan didistribusikan, Kady tidak tahu menahu. Namun Kady bisa memperkirakan tiket yang dipesan WSC akan didistribusikan kepada perwakilan dari berbagai perusahaan yang berhubungan dengan pihak sponsor Piala Asia 2007. Sedangkan untuk tiket yang dipesan manajemen Arab Saudi, Kady belum mendapat konfirmasi. “Yang pasti AFC telah menjamin pembayaran tiket tersebut,” tuturnya seperti dilansir PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini