Sukses

Dramatis, Sharapova Juara Prancis Terbuka

Peringkat Maria Sharapova di rangking WTA pun naik ke posisi lima.

Liputan6.com, Paris: Petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova akhirnya berhasil merebut gelar juara Prancis Terbuka usai mengalahkan Simona Halep dalam duel final dramatis, Minggu (7/6/2014). Sharapova mengalahkan Halep  6-4,6-7 dan 6-4 selama tiga jam.

Ini merupakan gelar kedua Prancis Terbuka bagi Sharapova. Di sisi lain, ini menjadi trofi grand slam kelima sepanjang kariernya. Duel panjang dengan Halep merupakan keempat kali beruntun bagi Sharapova di Prancis Terbuka.

Halep, petenis asal Rumania yang baru tampil sekali di final, memberi perlawanan berarti di lapangan tanah liat Roland Garros. Penampilan keduanya boleh disebut salah satu final terbaik sepanjang sejarah final tenis putri di dunia.

Halep unggul 2-0 terlebih dahulu di set pertama. Tapi Sharapova membaik sehingga bisa balik unggul 6-4. Di set kedua, giliran Sharapova unggul terlebih dahulu 5-3. Tapi justru Halep bangkit dan memaksa tie 5-5. Set ini pun akhirnya dimenangkan Halep 6-7.

Di set ketiga, Sharapova sempat terkena penalti waktu ketika melakukan servis. Dia pun melakukan double fault saat unggul 4-3. Meski begitu, Sharapova cepat sadar dengan kesalahannya.

Sharapova mampu menangkis setiap servis Simona baik dengan backhand atau forehand. Ini membuat Sharapova unggul 6-4.

Sharapova sendiri melaju ke final setelah memenangi 19 kali laga 3 set di lapangan tanah liat. Rekornya yaitu menang 40 banding 1 setiap kali menang di set pertama. Kemenangan menjadi hiburan tersendiri bagi Sharapova yang sempat menurun karena cedera 6 bulan di akhir tahun 2013.

Meski kalah, Halep sendiri peringkatnya naik ke posisi 3 dunia. Sedangkan Sharapova naik ke posisi 5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.