Sukses

Klub Raksasa Jepang Akan Beruji Coba di Indonesia

Persib, Persija, dan Arema adalah tiga tim yang akan dihadapi salah satu klub raksasa Jepang itu.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu klub raksasa Jepang, Gamba Osaka, ingin menggelar uji coba di Indonesia. Mereka membidik dua kali uji coba dengan klub-klub Indonesia Super League (ISL).

Menurut Sekjen PSSI, Joko Driyono, setidaknya ada tiga tim yang akan menjadi lawan tanding Yasuhito Endo dan kawan-kawan. Mereka adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema Cronus.

Uji coba ini juga merupakan bagian dari kerja sama antara PSSI dan J-League, yang dilakukan saat Kongres PSSI, 26 Januari lalu. Namun, Joko masih belum bisa memastikan jadwal uji coba tersebut.

"Keinginan untuk menggelar pertandingan itu kemungkinan pada Mei 2014. Menyusul, periode kosong di ISL hanya itu. Intinya, laga tersebut akan digelar tahun ini," tegas pria yang juga menjabat CEO PT Liga Indonesia itu.

Sebelumnya, niat tim yang baru promosi kembali ke kasta tertinggi J-League itu, memang pernah disampaikan oleh Presiden Direktur Kepala Perwakilan Panasonic di Indonesia, Ichiro Suganuma, Januari lalu. Panasonic sendiri saat ini adalah pemilik dari klub yang menjuarai Liga Champions Asia 2008 itu.

J-League memang sedang gencar melakukan ekspansi ke negara-negara di Asia Tenggara. Salah satu caranya dengan memburu beberapa pemain dari negara Asia Tenggara, yang dianggap layak berkiprah di salah satu kompetisi terbaik Asia itu. Saat ini, dua pemain Indonesia yang saat ini sedang berkiprah di sana adalah Irfan Haarys Bachdim (Ventforet Kofu) dan Stefano Lilipaly (Consadole Sapporo).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.