Sukses

10 Siasat Biar Lebih Irit Pakai Duit

Gaji Anda selalu habis di akhir bulan? Tak perlu khawatir, banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar bisa jauh lebih irit.

Gaji Anda selalu habis di akhir bulan? Atau merasa kesulitan menghemat pengeluaran? Tak perlu khawatir, banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar bisa jauh lebih irit dalam menggunakan uang.

Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (12/2/2014), menghemat uang sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Banyak trik yang bisa Anda lakukan saat membeli barang atau makanan agar tidak terlalu banyak uang yang perlu dihabiskan.

Berikut 10 trik sederhana supaya Anda lebih irit dalam menggunakan uang:

1. Memasak makanan sendiri seringkali membuat Anda jauh lebih irit dibandingkan harus membeli masakan jadi.

2. Jangan membeli barang secara satuan. Belilah kebutuhan Anda dalam jumlah banyak sekaligus karena biasanya Anda bisa memperoleh potongan harga.

3. Hindari mengkonsumsi makanan kaleng. Membeli sayuran segar biasanya cenderung lebih murah dan lebih sehat.

4. Sebaiknya Anda membeli kebutuhan sehari-hari di toko grosir. Biasanya harganya tidak terlalu mahal dan Anda bisa menabung sebagian uang Anda.

5. Anda sebaiknya tidak membeli makanan yang mudah basi. Ingat, membuang-buang makanan sama dengan membuang uang.

6. Naik sepeda ke kantor juga dapat membuat Anda lebih berhemat selain dapat membantu tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

7. Membawa bekal ke kantor merupakan salah satu cara untuk menghemat uang. Sudah kepalang tentu, membeli makanan di kantor dan membawanya dari rumah dapat membuat Anda jauh lebih irit.

8. Berhentilah membeli air mineral kemasan. Gunakan gelas atau tempat air minum agar Anda tidak perlu membelinya di tempat kerja.

9. Sebelum membeli sesuatu, sebaiknya pikirkan kembali apakah benda tersebut sangat penting bagi Anda. Jika tidak berdampak besar pada hidup Anda sebaiknya hindari saja.

10. Tunggulah sedikitnya dua hari sebelum Anda membeli barang dengan harga mahal. Setelah itu, kemungkinan besar Anda akan melupakannya begitu saja. (Sis/Ndw)

Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.