Sukses

Kepala BKPM: Foxconn Jangan Banyak Wacana

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengharapkan Foxconn Technology Group berkomitmen merealisasikan investasi.

Rencana investasi produsen ponsel asal Taiwan, Foxconn Technology Group yang masih tarik ulur di Indonesia menuai kritikan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar. Hal itu karena, Foxconn belum juga melaporkan niat tersebut kepada regulator.

"Belum (ke BKPM), mudah-mudahan bisa segera (lapor) supaya jangan terlalu banyak wacana dan banyak ngobrol," tegas Mahendra usai Indonesia-Iran Business Forum di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Kata dia, sebelum menancapkan modalnya di Indonesia, Foxconn wajib melaporkan rencana tersebut kepada BKPM.

"Ya harus dong, memang Pemdanya mau di bawa kemana. Kalau saya, responnya cepat saja biar bisa segera memfasilitasi. Dan kami siap mendukung rencana konkret investasi itu," cetusnya.

Meski demikian, Mahendra mengakui, Foxconn telah menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk sebuah kepentingan terkait investasinya tersebut.

"Bukan Memorandum of Understanding (MoU) tapi Letter of Intent karena ada keinginan untuk menindaklanjuti," paparnya.

Hon Hai Precision Industry atau yang dikenal dengan nama dagang Foxconn berencana membangun pabrik di Indonesia dengan investasi sekitar US$ 1 miliar. Foxconn telah memilih provinsi DKI Jakarta untuk membangun pabriknya.

Manajamen Foxconn telah bertemu dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pembangunan pabrik tersebut. Pemerintah DKI Jakarta akan menyediakan lahan sekitar 200 hektar. Lahan tersebut berada di Jakarta Utara.

Sebelumnya Foxconn dan Blackberry telah mengumumkan kerjasamanya untuk merancang dan memasarkan ponsel di Indonesia. Ponsel canggih itu akan diberi nama Blackberry Jakarta. Sebelum mendirikan pabrik di Indonesia, Foxconn akan membuat ponsel Blackberry di pabrik-pabriknya di China. (Fik/Ahm)



*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca juga:

Investasi Foxconn Bisa Kurangi Ketergantungan Impor Ponsel RI


Pabrik Pembuat Komponen Apple Bakal Serap Banyak Insinyur RI


Jokowi Siapkan Lahan Untuk Pabrik BlackBerry di Jakarta


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.