Sukses

Imbas Banjir, Listrik 1.625 Rumah di Manado Masih Padam

"Pelanggan yang masih dipadamkan karena belum aman sebanyak 1.625 rumah dan 6 gardu yang belum menyala," kata GM PLN Sulutenggo.

Seiring dengan mulai surutnya banjir di Manado, Sumatera Utara, PT PLN wilayah distribusi Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Sulutenggo) mulai menyalakan gardu distribusi yang terendam banjir.

Menurut General Manager PLN Sulutenggo, Santoso Januwarsono, jumlah gardu listrik yang dipadamkan saat banjir bandang terjadi pada 15 Januari 2014 mencapai 315 gardu distribusi dari total 728 gardu yang ada di wilayah tersebut.

Pemadaman gardu tersebut telah membuat 50 ribu pelanggan mengalami mati lampu. Banjir bandang ini menimpa 4 wilayah di Sulawesi Utara, yaitu Manado, Tomohon, Minahasa, dan Minahasa Utara

PLN mulai menyalakan gardu distribusi yang sudah dinyatakan aman. Hingga Jumat (24/1/2014) pagi ini, tinggal 6 gardu yang belum dinyalakan.

"Pelanggan yang masih dipadamkan karena belum aman sebanyak 1.625 rumah dan gardu yang belum menyala 6 gardu," kata Janu saat dihubungi Liputan6.com.

Janu menargetkan seluruh gardu tersebut bisa mulai dinyalakan pada sore hari ini. Namun, khusus untuk rumah yang belum dinyatakan aman, masih belum bisa dinyalakan demi keselamatan konsumennya.

"Dari sisi pasokan aman. Kapasitas pembangkit 347 megawatt (MW) dengan daya mampu 316 MW. Konsumsi listrik tercatat turun saat banjir yaitu dari 300 MW menjadi 200 MW," terang dia. (Ndw)

Baca juga:

Wilayah Jakarta yang Masih Padam Listrik hingga Jumat Pagi

PLN Rugi Rp 18,5 Miliar Gara-gara Banjir Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini