Sukses

6 Skandal Terbesar Miliarder Dunia di 2013

Di balik kesuksesaannya, mereka harus menanggung sejumlah skandal. Baik terkait masalah bisnis hingga tindak kriminal murni.

Memiliki kekayaan yang banyak tak berarti Anda bisa terbebas dari masalah. Terkadang, kekayaan tersebut justru memberikan hal buruk.

Demikian yang terjadi terhadap sejumlah miliarder dunia. Di balik kesuksesaannya, mereka harus menanggung sejumlah skandal. Baik terkait masalah bisnis hingga tindak kriminal murni.

Berikut 6 skandal terbesar miliarder dunia sepanjang 2013 seperti dikutip Forbes, Selasa (31/12/2013):

1. Steven A Cohen


Nilai kekayaan bersih: US$ 9,4 miliar
Kebangsaan: Amerika
Sumber Kekayaan : SAC Capital Advisors ( hedge fund )

Skandal : Cohen, pemilik SAC Capital Advisors pada bulan November mengaku bersalah atas pelanggaran insider trading. Dia pun setuju untuk membayar denda US$ 1,2 miliar dan berhenti mengelola uang bagi investor luar.

Jaksa AS di Manhattan, Preet Bharara menilai insider trading di SAC sebagai substansial , meresap dan pada skala tanpa preseden dalam sejarah hedge fund.

2. Serge Dassault dan keluarga

Nilai kekayaan bersih: US$ 13,9 miliar
Kebangsaan : Prancis
Sumber Kekayaan : Dassault Systemes Dassault dan aviations

Skandal: Dassault diduga membeli suara untuk memastikan pewaris ulung Dassault Systemes Dassault itu menjadi walikota di sebuah kota kecil di Prancis, Corbeil - Essonnes.

Menurut situs investigasi Mediapart, hal ini terungkap dari sebuah rekaman rahasia di mana Dassault mengakui membayar untuk menjadi pejabat.

Pengacara Dassault menyebut rekaman tersebut merupakan upaya pemerasan. Dassault yang memiliki saham di perusahaan media, software dan pesawat memang tidak asing dengan dunia intrik.

Dia dipaksa untuk mundur sebagai Walikota Corbeil - Essonnes pada tahun 1999 setelah pengadilan Prancis menemukan adanya pemberian hadiah uang tunai kepada para pemilih.

3. Jacqueline Mars

Nilai kekayaan bersih: US$ 20,2 miliar
Kebangsaan: Amerika
Sumber Kekayaan : Mars Inc
 
Skandal: Mars diketahui menabrak kendaraan yang mengangkut sebuah keluarga yang beranggotakan 6 orang. Kecelakaan ini menewaskan seorang wanita berumur 86 tahun dan anak yang belum lahir.

Mars mengatakan kepada para penyelidik hal itu karena dia mengantuk. Dia pun mengaku bersalah atas jumlah pelanggaran karena mengemudi sembrono.

Kepemilikan SIM Mars ditangguhkan selama 6 bulan dan harus membayar denda US$ 2.500 (atau 0,000012% dari seluruh hartanya).

Baiknya, korban mengatakan kepada pengadilan mereka mengampuni Mars dan meminta hakim untuk tidak memberikan hukuman penjara.

4. Stewie Rahr


Nilai kekayaan bersih: US$ 1,6miliar
Kebangsaan: Amerika
Sumber Kekayaan : Farmasi

Skandal: Rahr diketahui memiliki sebuah video yang berisi adegan mesum dengan tiga perempuan berambut cokelat selama liburan di Prancis Selatan.

Rahr diketahui bertindak sebagai sutradara pada film tersebut. Kepada FORBES dia mengaku video tersebut terjadi saat dirinya lajang dan berlangsung di Prancis.

5. Dennis " Chip " Wilson

Nilai kekayaan bersih: US$ 2,6 miliar
Kebangsaan : Kanada
Sumber Kekayaan : Lululemon

Skandal: Kejadian yang menimpa Wilson bermula pada November saat dirinya keceplosan kala diwawancarai sebuah stasiun televisi yang menanyakan perusahaan produsen baju yoga yang dipimpinnya tersebut, terkadang membuat produk yang tidak maksimal.

Dia pun menjawab, "beberapa tubuh wanita terkadang tidak bekerja dengan baik. Dan baju itu tidak bekerja dengan baik di tubuh sejumlah wanita."

Alhasil, pernyataan itu menyugesti pelanggan untuk tidak membeli produknya. Dia pun langsung meminta maaf dan berupaya menarik pelanggannya kembali.

Pada Desember ini, Wilson mengatakan ia akan mengundurkan diri sebagai ketua Dewan Lululemon mulai Juni 2014.

6. David Nahmad


Nilai kekayaan bersih : US$ 1,8 miliar
Kebangsaan: Monaco
Sumber Kekayaan : Art

Skandal: Anak lelaki Nahmad, Helly diduga sebagai gembong perjudian dunia dan melakukan pencucian uang lebih dari US$ 100 juta. Perjudian tersebut melayani miliarder, oligarki Rusia, bintang Hollywood, bankir Wall Street, dan atlet pro.

Helly yang keluarganya merupakan pengusaha diler barang seni diketahui membuat dua transfer terpisah, di mana US$ 1,35 juta diketahui ditransfer dari rekening bank sang ayah di Swiss ke rekening bank di AS untuk membantu membiayai penipuan perjudian.

Melalui pengacaranya Helly menolak berkomentar kepada FORBES pada saat penangkapannya, ayahnya diberhentikan sepenuhnya. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.