Sukses

9 Cara Menghilangkan Tanda Lahir Secara Alami, Aman dan Tanpa Efek Samping

Tanda lahir adalah tanda di kulit yang sudah ada sejak lahir.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan tanda lahir secara alami penting untuk diketahui bagi anda yang kurang percaya diri dengan tanda lahir di tubuhmu. Tanda lahir adalah tanda di kulit yang sudah ada sejak lahir. Tanda lahir meliputi bintik kafe-au-lait, tahi lalat, dan bintik Mongolia. Tanda lahir bisa berwarna merah atau warna lain.

Keberadaan tanda lahir menjadi salah satu yang memengaruhi penampilan bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang berusaha untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan tanda lahir bisa dilakukan melalui perawatan medis atau menggunakan bahan alami.

Berkut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan tanda lahir secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Minyak Tea Tree

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami yakni dengan menggunakan minyak tea tree. Caranya yakni dengan mencampurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak kelapa atau minyak almond, lalu oleskan ke tanda lahir. Minyak tea tree memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu dalam perawatan kulit.

2. Baking Soda

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami yang selanjutnya yakni dengan baking soda. Buatlah pasta dari baking soda dan air, lalu oleskan ke tanda lahir dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas. Baking soda dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit.

3. Kurma

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami yang selanjutnya yakni kurma. Caranya dengan menghaluskan beberapa buah kurma dan oleskan pasta yang dihasilkan ke tanda lahir. Kurma mengandung nutrisi yang baik untuk kulit dan dapat membantu dalam proses peremajaan kulit.

3 dari 5 halaman

4. Madu

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami yang selanjutnya yakni menggunakan madu. Caranya dengan mencampurkan madu dengan sedikit kayu manis untuk membuat pasta, lalu oleskan ke tanda lahir dan biarkan selama beberapa waktu sebelum dibilas. Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

5. Cuka Apel

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami yang selanjutnya yakni dengan menggunakan cuka apel. Caranya dengan mencampurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1, lalu gunakan campuran tersebut sebagai toner untuk tanda lahir. Cuka apel mengandung asam alfa-hidroksi yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit.

6. Larutan Yodium

Cara menghilangkan tanda lahir selanjutnya adalah dengan larutan yodium. Caranya tinggal dengan mengoleskan larutan yodium di atas tanda lahir sebanyak dua kali setiap harinya. Jangan gunakan larutan ini jika terjadi iritasi dan konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami masalah apa pun setelah menggunakannya.

4 dari 5 halaman

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelembap alami ampuh yang dapat menyembuhkan kulit dan membuat tanda lahir tampak lebih lembut dan halus. Oleskan minyak zaitun dengan bola kapas setidaknya tiga kali di atas tanda lahir, biarkan hingga kering atau bilas dengan air.

8. Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan tanda lahir dengan air perasan lemon bisa kamu terapkan. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada tanda lahir selama 20 menit dan bilas. Ulangi beberapa kali dalam seminggu. Jangan gunakan lagi jika air perasan lemon tersebut menyebabkan iritasi pada kulit.

9. Jus Tomat

Selanjutnya, ada jus tomat yang memiliki khasiat memutihkan kulit dan dapat membantu memudarkan tanda lahir. Aplikasikan jus tomat yang sudah dihangatkan pada tanda lahir dan biarkan mengering. Ulangi beberapa kali sehari selama sebulan.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Tanda Lahir

Tanda lahir terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanda lahir pigmen dan tanda lahir vaskuler. Berikut ini penjelasannya:

1. Tanda Lahir Pigmen

Tanda lahir pigmen adalah lesi kulit yang disebabkan oleh penumpukan melanin di bawah permukaan kulit. Jenis tanda lahir ini dapat bervariasi dalam warna dari cokelat hingga hitam, dan seringkali berbentuk datar atau menonjol.

Tanda lahir pigmen seringkali memiliki warna yang lebih gelap dari kulit sekitarnya dan bisa berukuran kecil atau besar. Jenis tanda lahir ini bisa muncul di mana saja pada tubuh dan dapat terbentuk sejak lahir atau muncul dalam beberapa tahun pertama kehidupan seseorang.

Penting untuk diperhatikan bahwa sebagian besar tanda lahir pigmen adalah jinak, penting untuk memantau perubahan dalam ukuran, bentuk, atau warna, karena ini bisa menjadi tanda-tanda potensial dari kondisi yang lebih serius seperti melanoma.

2. Tanda Lahir Vaskular

Tanda lahir vaskular disebabkan oleh pembuluh darah yang berlebihan di bawah permukaan kulit. Jenis tanda lahir ini seringkali berwarna merah atau merah keunguan, dan dapat berbentuk bercak datar atau menonjol. Tanda lahir vaskular memiliki warna yang lebih merah daripada kulit sekitarnya dan dapat bervariasi dalam ukuran. Mereka bisa muncul di mana saja pada tubuh dan seringkali terlihat pada permukaan kulit.

Beberapa jenis tanda lahir vaskular seperti hemangioma dapat berkembang dengan cepat pada bayi dan anak-anak, tetapi seringkali akan memudar seiring bertambahnya usia. Umumnya hemangioma tidak berbahaya dan dapat menghilang perlahan di usia 5 hingga 10 tahun, namun kemungkinan meninggalkan bekas. Namun, perubahan yang signifikan atau perubahan warna pada tanda lahir vaskular juga harus diamati dan dikonsultasikan dengan dokter.

Kemudian tanda lahir port-wine stain atau nevus flammeus ditandai dengan munculnya bercak seperti warna minuman anggur yaitu merah muda hingga merah keunguan. Umumnya tanda lahir ini ditemui dibagian wajah namun bisa juga ditemui di bagian tubuh lainnya, dan cenderung menetap hingga dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.