Sukses

SBY Ingin Indonesia Jadi Pusat Industri Ban Dunia

Presiden SBY berharap Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan industri ban di kancah internasional.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan industri ban di kancah internasional. Saat ini  industri ban nasional  menjadi salah satu andalan yang telah mampu berkompetisi di pasar global.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (17/9/2013), SBY menjelaskan pertumbuhan rata-rata industri ini mencapai diatas 8 persen setiap tahunnya, seiring dengan pertumbuhan industri kendaraan bermotor  roda empat dan roda dua yang cukup pesat setiap tahunnya.

"Industri ban di Indonesia akan terus tumbuh, dan menjadi salah satu pusat pengembangan industri ban di dunia," kata Presiden SBY saat meresmikan pabrik ban milik Hankook Tire Company Limited di Cikarang, Jawa Barat.

Pembangunan pabrik ban PT Hankook Tire Indonesia, kata SBY, merupakan bagian dari pembangunan klaster industri koridor Jawa dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Dalam MP3EI, untuk koridor Jawa ditetapkan tema besar sebagai "Pendorong Industri dan Jasa Nasional".

Pada kesempatan yang sama, SBY juga mengajak kalangan dunia usaha untuk terus bersinergi dengan jajaran pemerintah baik pusat maupun daerah, untuk menyukseskan pembangunan sektor industri pengolahan non-migas di berbagai koridor ekonomi. 

“Mari kita perluas kemitraan swasta dan mitra negara-negara sahabat, dalam pembangunan klaster-klaster industri pada setiap koridor ekonomi,” pinta SBY. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.