Sukses

4 Alasan yang Bisa Membatasi Kreativitas Kerja

berbagai gagasan cemerlang bisa lahir dari kreativitas tersebut. Namun berpikir dan bersikap kreatif bukan hal yang mudah dilakukan.

Kreativitas merupakan salah satu komponen penting dalam bekerja. Alasannya, berbagai gagasan cemerlang bisa lahir dari kreativitas tersebut. Namun berpikir dan bersikap kreatif bukan hal yang mudah dilakukan khususnya dalam situasi kerja.

Seperti melansir boldsky.com, Senin (2/9/2013), kreativitas bukan suatu hal yang bisa dipelajari dengan mudah. Menjadi orang kreatif membutuhkan proses berpikir yang cukup keras.

Sayangnya, banyak orang yang memiliki kemampuan tersebut justru memilih diam di ruang rapat. Biasanya para karyawan tersebut merasa gugup dan takut gagasannya tidak diterima.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengenali hal-hal yang bisa menghalangi kreativitas Anda. Berikut empat alasan yang bisa membatasi kreativitas Anda:

1. Stres

Sedikit tekanan dalam bekerja dapat membuat Anda bekerja keras dan memberikan hasil yang terbaik. Namun banyaknya terkanan di tempat kerja justru dapat membatasi kreativitas Anda.

Dengan mental seperti itu, Anda sulit untuk berpikir kreatif dan berinovasi. Atasi stres pada diri dan tetap kreatif dalam bekerja.

2. Rutinitas yang monoton

Rasa jenuh bisa tumbuh dari rutinitas kerja yang monoton. Ada baiknya mengubah sedikit kebiasaan kerja Anda agar memberikan hasil yang lebih baik. Hindarilah menjalani rutinitas yang sama setiap hari guna menjaga kreativitas kerja.

3. Berpikir pada umumnya

Berpikir tidak pada umumnya sangat penting dalam berkarir. Cara berpikir yang berbeda dengan orang lain bisa membantu Anda memperoleh gagasan yang cemerlang. Berpikir pada umumnya tak akan menghasilkan berbagai ide kreatif.

4. Gugup dan panik

Seringkali dalam sebuah rapat perusahaan, Anda lebih memilih untuk diam. Kepanikan seperti ini dapat mempengaruhi kreativitas Anda. Belajarlah mengatasi kepanikan dan rasa gugup tersebut. Jika gagasan yang Anda tawarkan ternyata gagal, jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran untuk berpikir lebih kreatif ke depannya. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.