Sukses

Usai Lebaran, Satu Juta Warga Desa Cari Peruntungan di Kota Besar

Kemenakertrans memperkirakan adanya perpindahan satu juta penduduk daerah ke kota besar usai lebaran.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memperkirakan adanya perpindahan satu juta penduduk daerah  ke kota besar usai lebaran. Selain Jakarta sebagai tujuan utama, kota-kota besar lain di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Semarang Medan dan  Batam.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, arus urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota yang kerap terjadi setelah lebaran harus diantisipasi agar tidak menimbulkan gejolak sosial dan menambah  pengangguran yang semakin tinggi di perkotaan.

"Fenomena mudik lebaran selalu disertai proses urbanisasi penduduk desa menuju kota yang mencari pekerjaan. Sayangnya, sebagian besar pendatang baru tersebut tidak dibekali keterampilan dan keahlian yang cukup untuk mencari pekerjaan yang sesuai,“ kata Muhaimin di Jakarta, seperti yang dikutip dari situs resmi Sekertaris Kabinet, Selasa (13/8/2013).

Muhaimin menjelaskan kota-kota besar khususnya Jakarta masih menjadi magnet untuk masyarakat yang melakukan urbanisasi. Penduduk yang berasal dari kota-kota kercil di Jawa dan luar Pulau Jawa menganggap Jakarta itu lokasi yang tepat untuk mencari lapangan pekerjaan.

“Pemerintah terus menyiapkan langkah-langkah agar arus urbanisasi yang masuk ke kota-kota besar  tidak menimbulkan masalah baru dan menambah beban bagi pemerintah dalam upaya mengatasi pengangguran dan kemiskinan," ungkap Muhaimin.

Untuk  mengatasi masalah tersebut, instansinya telah menyiapkan beberapa solusi, dengan  berkoordinasi dengan lintas kementerian, pemerintah daerah (pemda) dan pihak terkait lainnya.

“Kita terus mendorong agar otonomi daerah bisa menjadi salah satu solusi masalah urbanisasi ini. Otonomi daerah harus berhasil mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan  dan meningkatkan pembangunan di pedesaan dan kota-kota kecil agar penduduk tidak harus pergi ke kota,” tutur Muhaimin.

Untuk mengatasi pengangguran di pedesaan dan kota-kota kecil, dirinya  mendorong pemda agar terus meningkatkan aspek perencanaan ketenagakerjaan   baik di tingkat perusahaan maupun tingkat  daerah dengan matang.  

"Kemenakertrans mem-back up pemerintah daerah untuk membuat perencanaan ketenagakerjaan yang baik  supaya tidak terjadi penumpukan pengangguran," ujar Muhaimin. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.