Sukses

Gencar Gaet Turis Domestik, Australia Pasang Iklan Rp 33,4 Miliar

Australia sedang gencar membuat warganya mencintai lokasi wisata di negerinya sendiri. Salah satunya melalui iklan.

Australia sedang gencar membuat warganya mencintai lokasi wisata di negerinya sendiri. Selama ini, Bali, Fiji dan Thailand menjadi lokasi pariwisata favorit warga Negeri Kangguru tersebut.

Sebagai upaya mencapainya, Australia berani memasang iklan senilai 3,5 juta dolar Australia atau setara Rp 33,4 miliar. Iklan ini dilakukan Departemen Pariwisata Australia (Tourism Australia).

Seperti melansir Sydney Morning Herald, Senin (29/7/2013), pemasangan iklan mulai dari televisi, media cetak dan di bioskop. Iklan menyoroti keuntungan berlibur di pantai termasuk sejumlah hiburan yang tersedia.

"Kami bermaksud mengingatkan masyarakat Australia tentang keuntungan berlibur seperti keamanan, waktu, kebebasan dan tempat yang sebenarnya tersedia di negeri sendiri," ujar Direktor Pengelola Tourism Australia Andrew McEvoy.

Data National Visitor Survey terbaru menunjukkan pariwisata domestik meningkat 1% dalam 12 bulan terakhir. Sementara volume kunjungan per keluarga meningkat 6%.

Akibat pemasangan iklan pariwisata ini, perjalanan keluarga ke Fiji anjlok dari pertumbuhan sebesar 15% dalam tiga tahun (2008-2011) menjadi hanya 2% pada tahun lalu.

Sementara menurut data Departemen Pariwisata Australia, kunjungan wisatawan negara tersebut ke Indonesia tercatat merosot tajam dari 35% menjadi hanya 3% pada tahun lalu.

Direktur pengelola Travel with Kidz, Wendy Buckey melihat iklan sukses meningkatkan kembali industri perjalanan wisata di Australia.

"Kami mengalami penurunan sepertiga dari penjualan kami dalam empat tahun terakhir akibat dari murahnya perjalanan udara," ujarnya.

Namun dia menjelaskan, penduduk Australia mungkin akan mengalami kelelahan akibat hambatan penerbangan internasional. Sementara industri pariwisata di dalam negeri terus bekerja keras meningkatkan tingkat pelayanannya.

Samantha O'Connor, wisatawan asli Australia berbasis di Sydney mengatakan pantainya memang tak begitu indah dibandingkan dengan di luar negeri. Namun suasana pantai Australia menenangkan.

Dia mereferensikan Batemans Bay and Kiama sebagai pantai unggulan Australia. Baginya suasana di luar sangat menenangkan sekaligus menyenangkan. Tak hanya itu, dia merasa berlibur di negeri sendiri bisa membawa kembali kenangan masa kecilnya. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini