Sukses

Pasang Konverter Kit, Pemilik Mobil Pribadi Rogoh Kocek Sendiri

Pemerintah hanya akan memberikan secara gratis konverter kit bagi pemilik kendaraan umum.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo menegaskan alat konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) atau biasa disebut konverter kit, hanya akan dibagikan secara gratis kepada angkutan umum. Bagi kendaraan pribadi, pemilik  harus membeli sendiri alat tersebut.

"SPBG itu makin banyak kita bangun tujuannya agar masyarakat itu mau membeli sendiri konverter kitnya. Kan yang akan dibagikan gratis itu untuk kendaraan umum tapi masyarakat tidak," kata Susilo usai menghadiri Seminar Industri Harga Komersial Gas Bumi yang Tepat Guna Bagi Industri di Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2013).

Menurut Susilo, kesadaran beralih dari BBM ke BBG akan membawa keuntungan bagi masyarakat sendiri. Alasan ini pula yang diharapkan bisa membuat pemilik kendaraan pribadi mau membeli konverter kit tersebut.

"Kalau mereka mau mengganti ke gas maka akan jauh lebih murah, bisa hemat sekitar 60% dari BBM," lanjutnya.

Susilo menambahkan program pembagian konverter kit juga akan diaplikasikan kepada nelayan sebagai pengganti bahan bakar mesin perahu. "Nanti juga akan diganti ke LPG, karena kalau 1 tabung LPG yang 3 kg saja bisa untuk dua hari, padahal kalau BBM perlu 20-40 liter," jelas Susilo.

Namun mengenai kisaran harga yang pantas untuk dijual sehingga tidak memberatkan masyarakat dan target penerapan konverter kit ini, Susilo enggan menjelaskan. "Untuk targetnya nanti kita lihat, harganya juga nanti macam-macam," tandasnya.(Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini