Sukses

IKN dan Bandara VVIP Siap Pakai Usai 17 Agustus 2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan Bandara VVIP di IKN sudah siap pakai pada upacara peringatan HUT kemerdekaan RI.

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Ibu Kota Negara (IKN) dan pengoperasian Bandara VVIP bakal siap dijalankan setelah 17 Agustus 2024. 

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menggelar upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. 

Oleh karenanya, Basuki memastikan Bandara VVIP sudah siap pakai pada saat seremoni tersebut. "Yang penting Agustus bisa didarati. Untuk 17an sudah bisa didaratin," ujar Basuki Hadimuljono saat ditemui usai acara halal bihalal bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Begitu pun proses pemindahan fase pertama, ia menyebut itu bisa dilakukan setelah upacara kemerdekaan. "Habis 17 (Agustus 2024), karena prasarananya dipakai dulu," imbuh Basuki. 

Guna memastikan kesiapan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat kembali mengecek progres pembangunan Bandara IKN, Selasa (23/4/2024). Menurutnya, proyek pembangunan Bandara IKN sampai saat ini masih sesuai rencana dan dikerjakan dengan baik.

"Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimis bandara ini dapat diujicobakan pada bulan Juli mendatang," kata Menhub.

Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengecek sejumlah lokasi, salah satunya titik yang nantinya akan menjadi runway. "Tadi saya melihat ada satu pekerjaan soil improvement (perbaikan tanah) di beberapa lokasi runway. Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus," jelasnya.

Menhub juga menekankan pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius. Semua pekerja, kata Menhub, bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Pekerja

 

 

Ia pun mengapresiasi para pekerja yang telah menjaga kelestarian alam selama mengerjakan Bandara IKN. "Saya juga senang karena pengerjaan bandara ini tetap mempertahankan kehijauan alam sesuai instruksi dari Pak Presiden," ungkap Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi berharap agar Bandara IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara 17 Agustus mendatang. "Kami juga berharap bandara ini cepat selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga," paparnya. 

Perkembangan pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-19 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VVIP, pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC, pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut & fill di jalan akses utama, embung, dan jalan perimeter barat.

 

 

3 dari 4 halaman

Rencana Pekerjaan

Adapun rencana pekerjaan pada minggu ke-20, akan dilakukan pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai area Terminal VVIP,  pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP, pekerjaan lanjutan pondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut & fill.

Kemudian, untuk mempercepat proses pembangunan Bandara IKN, telah dilakukan penambahan tenaga kerja dari 367 orang menjadi 458 orang pada bulan April. Selain itu, untuk mempermudah akses logistik, jalan akses utama juga diharapkan bisa selesai pada awal Mei 2024 mendatang.

Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

4 dari 4 halaman

Bandara VVIP IKN Mulai Uji Coba Juli 2024

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengecek perkembangan pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

Menhub menyebut proyek pembangunan Bandara VVIP IKN telah sesuai dengan rencana, dan diharapkan sudah bisa uji coba pada Juli 2024.

"Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar. Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti," ujar Menhub.

Menurut dia, saat ini di lokasi pembangunan bandara tengah dilakukan pekerjaan lanjutan cut and fill area peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran untuk VIP. 

Selain itu, sedang dilakukan pula penyelesaian bored pile Terminal VIP dan VVIP, pembukaan jalan akses utama, serta pekerjaan land clearing di area embung.

Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, bandara ini dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380. 

"Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan," kata Menhub Budi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini