Sukses

Intip 5 Pekerjaan Lepas yang Banyak Diminati dan Tawarkan Gaji Tinggi di AS

Berikut adalah lima pekerjaan lepas yang banyak diminati dan bisa dikerjakan dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan lepas atau freelance semakin populer di era digital ini, terutama karena fleksibilitasnya dalam mengatur waktu dan lokasi kerja. Banyak dari pekerjaan lepas bahkan menawarkan gaji yang cukup tinggi

Semakin banyak orang  yang bekerja lepas seiring dengan meningkatnya permintaan akan pekerja lepas, begitu pula dengan ketersediaan peluang kerja lepas bergaji tinggi.

Jumlah pekerja lepas profesional di Amerika Serikat (AS) mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada 2023, meningkat menjadi 64 juta orang, atau 38% dari tenaga kerja AS, dari 60 juta orang pada tahun sebelumnya, menurut penelitian terbaru dari Upwork. Melansir CNBC ditulis Kamis (18/4/2024).

Bisnis semakin mengandalkan pekerja lepas untuk menghemat biaya pegawai dan biaya real estate, Kepala Inovasi di Fiverr Yoav Hornung, baru-baru ini mengatakan kepada CNBC Make It.

Banyak dari pekerjaan berbasis proyek ini dapat menghasilkan bayaran enam digit. Jumlah pekerja independen yang menghasilkan USD 100.000 atau lebih per tahun tumbuh 53% antara 2021 dan 2023, menurut laporan MBO Partners pada Oktober 2023, penyedia layanan back-office untuk pekerja independen.

Namun, layanan yang dibutuhkan oleh para pekerja lepas terus berubah. Untuk membantu para pekerja lepas menemukan peluang terbaik, Freelancer.com telah mengidentifikasi lima pekerjaan lepas yang paling banyak diminati, berdasarkan lebih dari 250.000 daftar yang diposting di basis datanya antara Januari dan Maret 2024. Informasi penghasilan berasal dari sampel proyek ini.

Berikut adalah lima pekerjaan lepas yang banyak diminati dan bisa dikerjakan dari rumah serta membayar lebih dari USD 100 atau sekitar Rp 1,62 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.231) per jam:

1. Pemrograman

Tarif rata-rata per jam: USD 250 atau sekitar Rp 4,05 juta

2. Pengembangan dan manajemen eCommerce

Tarif rata-rata per jam: USD 250 atau sekitar Rp 4,05 juta

3. Desain grafis

Tarif rata-rata per jam: USD 140 atau sekitar Rp 2,27 juta

4. Transkripsi

Tarif rata-rata per jam: USD 200 atau sekitar Rp 3,24 juta

5. Penulisan kreatif

Tarif rata-rata per jam: USD 140 atau sekitar Rp 2,27 juta

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peluang Baru dalam Dunia Pekerjaan Lepas

Wakil Presiden Internasional di Freelancer.com, Sebastián Siseles mengungkapkan meskipun coding, pemrograman, dan spesialisasi teknologi lainnya sudah lama menjadi layanan pekerja lepas yang banyak dicari, permintaan untuk kontraktor e-commerce telah "meledak" dalam beberapa bulan terakhir".

Pasar e-commerce global terus berkembang selama beberapa tahun terakhir, sebuah tren yang dipercepat selama pandemi Covid-19 ketika lebih banyak perusahaan harus beralih ke model bisnis online.

Hal ini telah memicu permintaan untuk layanan pekerja lepas lainnya yang terkait dengan menjalankan situs e-commerce, kata Siseles, termasuk desain antarmuka pengguna dan copywriting.

Jika Anda tertarik untuk bekerja lepas, pastikan Anda memahami jangka waktu pekerjaan yang Anda lamar dan bagaimana Anda akan dibayar. Pekerjaan freelance bisa berlangsung selama satu hari, satu minggu, satu bulan, satu tahun, atau bahkan lebih lama lagi - dan meskipun beberapa pekerjaan dibayar per jam, pekerjaan lain mungkin memiliki tarif proyek tetap.

Anda juga bisa membedakan diri Anda sebagai pekerja lepas dengan membuat portofolio digital berisi contoh pekerjaan untuk dibagikan kepada calon klien. Untuk mencari tahu di mana ada lowongan pekerjaan dan mencantumkan layanan Anda sendiri, pertimbangkan untuk membuat profil di Upwork, Freelancer.com, Fiverr, TaskRabbit, atau situs web lain yang mengiklankan pekerjaan lepas.

Pekerjaan lepas menawarkan kesempatan yang luas untuk menghasilkan pendapatan yang tinggi dengan fleksibilitas yang unik. Dengan keterampilan yang tepat dan dedikasi yang kuat, Anda dapat menjadi sukses dalam karier pekerjaan lepas dan mencapai keseimbangan yang diinginkan antara kehidupan kerja dan pribadi.

3 dari 5 halaman

Tips Sukses Cari Kerja Freelance Cocok untuk Pemula

Sebelumnya diberitakan, freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang populer bagi banyak individu. Terutama mereka yang ingin memiliki fleksibilitas dalam pekerjaan mereka. 

Namun, mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda bisa menjadi tugas menantang. 

Salah satu manfaat utama menjadi freelancer adalah kemampuan untuk mengatur waktu kerja Anda sendiri. 

Anda dapat bekerja kapan pun Anda mau, memungkinkan Anda menjalani gaya hidup yang lebih seimbang. Sebagai seorang freelancer, Anda memiliki kendali penuh atas proyek yang Anda terima. 

Anda dapat memilih proyek yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Sejumlah besar pekerja freelance berhasil menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. 

Anda dapat menetapkan tarif Anda sendiri dan bekerja dengan beberapa klien sekaligus.

Freelancer sering terlibat dalam beragam proyek yang memungkinkan mereka memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka di berbagai bidang. 

 

4 dari 5 halaman

Tips Cari Kerja Freelance

Berikut merupakan tips dalam mencari kerja freelance : 

Tentukan Keahlian Anda

Pertama-tama, identifikasi keahlian Anda. Apa yang bisa Anda tawarkan sebagai seorang freelancer? Apakah Anda memiliki keterampilan di bidang penulisan, desain grafis, pemasaran digital, atau pengembangan web? 

Mengetahui keahlian Anda akan membantu Anda menargetkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda.

Portofolio Mengesankan

Membuat portofolio yang menarik adalah kunci dalam mencari pekerjaan freelance. Unggah contoh pekerjaan terbaik Anda ke platform seperti LinkedIn, Behance, atau situs web pribadi. 

Portofolio yang kuat akan membantu Anda mendapatkan perhatian klien potensial.

Manfaatkan Platform Freelance

Ada banyak platform freelance seperti Upwork, Freelancer, dan Fiverr yang dapat membantu Anda menemukan pekerjaan. 

Daftar di platform ini, isi profil Anda dengan informasi yang relevan, dan aktifkan notifikasi untuk pekerjaan yang sesuai.

Jaringan dan Hubungan

Jaringan adalah kunci dalam dunia freelance. Bergabunglah dengan komunitas profesional, hadiri acara terkait industri.

Aktifkan media sosial untuk berinteraksi dengan sesama profesional. Jaringan bisa membantu Anda mendapatkan referensi dan pekerjaan baru.

 

 

5 dari 5 halaman

Perbarui Keterampilan

Perbarui Terus Keterampilan Anda

Industri freelance terus berubah. Selalu perbarui dan perbaiki keterampilan Anda. Ikuti kursus online, baca buku, dan pelajari tren terbaru dalam industri Anda. Klien cenderung mencari freelancer yang selalu up-to-date.

Jadilah Konsisten

Konsistensi dalam pekerjaan freelance sangat penting. Jadwalkan waktu kerja, hitung tarif yang sesuai, dan terapkan kebijakan yang konsisten terkait dengan komunikasi dan pengiriman pekerjaan.

Waspadai Tawaran Tidak Jelas

Periksa tawaran pekerjaan dengan cermat. Pastikan bahwa syarat, waktu, dan bayaran sudah dijelaskan dengan jelas sebelum Anda menerima pekerjaan. Hindari tawaran yang terlalu buruk untuk menjadi kenyataan.

Evaluasi Proyek Anda

Setelah menyelesaikan proyek, selalu lakukan evaluasi diri. Apakah proyek berjalan dengan baik? Apakah ada area yang perlu ditingkatkan? Evaluasi akan membantu Anda tumbuh sebagai freelancer.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam mencari pekerjaan freelance. Ingatlah kesabaran dan dedikasi adalah kunci untuk membangun karier freelance yang sukses.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.