Sukses

Terkuak Tren Belanja Online Jelang Lebaran 2024 di Tokopedia dan TikTok

Tokopedia dan TikTok mengulas produk paling laris menjelang Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta Animo belanja masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat, terutama seusai Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun. Seperti tren belanja online di Tokopedia dan aplikasi TikTok.

Sejumlah kategori produk, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Anak dan Bayi, Otomotif serta Makanan dan Minuman, mengalami kenaikan penjualan yang signifikan.

Sedangkan pada platform Shop Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Muslim, serta Fashion Pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi (data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024).

“Kami melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran, seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop  Tokopedia di aplikasi TikTok,” ujar Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dalam keterangannya, Jumat (6/4/2024).

Tercatat ada beberapa poduk terlaris jelang Lebaran 2024 di Tokopedia. Di mana, penjualan fashion muslim Naik 12,5 kali lipat. Ini seperti produk Otomotif antara lain kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil; rata-rata peningkatan transaksi hampir 3,5 kali

Fashion Wanita antara lain maxi dress, wedges, dress denim, loafers, sepatu heels; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 4 kali

Makanan dan Minuman antara lain, hampers dan parsel kue kering, biskuit dan wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak; rata-rata peningkatan hampir 5 kali.

Fashion Anak dan Bayi antara lain, pakaian bayi, sandal anak, setelan anak, celana panjang anak, cardigan anak; rata-rata peningkatan transaksi hampir 5 kali.

Fashion Muslim antara lain kaftan, gamis, baju koko, busana muslim keluarga, abaya; rata-rata peningkatan penjualan hampir 12,5 kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk Terlaris

Sementara dari temuan produk terlaris jelang Lebaran 2024 antara lain, penjualan Fashion Pria Naik 7 Kali Lipat. Dengan detail: Produk Kecantikan dan Perawatan Diri antara lain clay stick mask, body cream, serum, face cream, deodoran

Elektronik antara lain speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank; rata-rata peningkatan penjualan hampir 3 kali

Produk Fashion Wanita antara lain dress, blus, dan celana; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 4 kali. Fashion Muslim antara lain tunik, gamis, mukena, abaya; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 6 kali. Kemudian fashion Pria antara lain kaus dan celana; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 7 kali

“Guna membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan di Ramadan hingga Lebaran 2024, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret-5 April 2024. Lewat kampanye ini pelaku usaha bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus Ramadan Ekstra Seru melalui aplikasi dan website Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” kata Aditia.

3 dari 3 halaman

UMKM

Selain memberikan panggung kepada pelaku usaha secara online, Tokopedia dan TikTok juga menghadirkan 'Festival Ramadan Ekstra Seru.' Acara berlangsung secara offline beberapa waktu lalu.

Festival ini menghadirkan berbagai pilihan produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, termasuk fesyen dan kecantikan serta masih banyak lagi, dari sederet pelaku usaha lokal ternama khususnya UMKM. Puluhan pelaku usaha lokal yang berpartisipasi dalam Festival Ramadan Ekstra Seru pun merasakan dampak positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini