Sukses

Antisipasi Macet Pelabuhan, ASDP Tahan Kendaraan di Rest Area

ASDP Indonesia Ferry memperkirakan ada peningkatan 15 persen di sisi penumpang atau 5,78 juta orang. Kemudian, di sisi kendaraan diprediksi meningkat 14 persen atau menjadi 1,37 juta kendaraan.

 

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry membidik ada peningkatan penumpang dan kendaraan yang menyeberang di pelabuhan. Guna mengantisipasi kepadatan, akan diberlakukan penundaan atau delaying system di sejumlah titik menuju pelabuhan.

Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Indonesia Ferry M. Yusuf Hadi memproyeksikan ada peningkatan 15 persen di sisi penumpang atau 5,78 juta orang. Kemudian, di sisi kendaraan diprediksi meningkat 14 persen atau menjadi 1,37 juta kendaraan.

“Kelancaran arus mudik Lebaran 2023 salah satunya didukung dengan adanya penerapan sistem penundaan (delaying system) melalui penyediaan titik lokasi zona penyangga (buffer zone) di beberapa titik sehingga langkah tersebut akan diberlakukan kembali pada angkutan lebaran tahun ini,” ujar Hadi, dalam Media Gathering Angkutan Lebaran ASDP 2024, di Kantor ASDP, Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

Ada beberapa titik yang ditentukan sebagai buffer zone lokasi penundaan kendaraan. Pada arah menuju Pelabuhan Merak terdapat Rest Area KM.43, KM.68, Lahan Munic, dan Cikuasa Atas. Sedangkan untuk arah Pelabuhan Bakauheni meliputi Rest Area KM.87B, KM.67B, KM.49B, KM.33B, KM.20B, Jalur Arteri Gayam, Kantor Lama Balai Karantian Pertanian, RM Gunung Jati.

Selanjutnya, arah Pelabuhan Ketapang tersedia area buffer zone pada Terminal Sritanjung, Grand Watudodol, Lapangan Bola Areba, dan Jalur Lingkar. Sedangkan untuk Pelabuhan Gilimanuk terdapat Terminal Kargo, UPPKB Cekik, dan Terminal Bus.

Lalu, Arah Pelabuhan Jangkar mencakup Lahan Parkir Paguyuban Petani Tebu; dan Arah Pelabuhan Lembar yaitu Terminal Sigenter dan Lapangan Parkir PDS.

Hadi menuturkan, per Rabu (3/4/2024), 35.355 tiket kendaraan sudah dipesan untuk periode H-7 sampai H-1 Lebaran 2024. Ini merupakan data yang dikumpulkan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk serta Pelabuhan Perbantuan Ciwandan.

Sedangkan untuk periode 1 - 30 Maret 2024 atau periode Pra-Angkutan Lebaran, total tiket kendaraan yang terjual pada 4 pelabuhan utama adalah 652.118 tiket terjual. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puncak Arus Mudik

Dari data reservasi, diperkirakan puncak Arus Mudik akan terjadi pada tanggal 6 April 2024 (H-4) dengan jumlah pengguna jasa yang telah reservasi untuk di Pelabuhan Merak sebanyak 3.124 tiket atau setara dengan 15 persen dari kuota reservasi yang dibuka.

Untuk kelancaran perjalanan, khususnya di lintas Merak-Bakauheni, dan Ketapang-Gilimanuk, ASDP mewajibkan pengguna jasa membeli tiket secara online via Ferizy sebelum keberangkatannya.

"Hal ini demi kelancaran dan kenyamanan selama penyeberangan, pastikan pengguna jasa sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan," kata Hadi menegaskan.

3 dari 4 halaman

Mudik Gratis

Sebelumnya, Dalam rangka mendukung Program Mudik Asyik BUMN dan untuk turut menyemarakkan nuansa mudik Lebaran tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menghadirkan Program Mudik Gratis bersama BUMN 2024 yang melayani hingga 800 orang pemudik di 3 lintasan.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan program mudik ini merupakan salah satu bentuk dukungan ASDP dalam mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik lebaran dan menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Mengutip data Kepolisian RI, jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan insiden kecelakaan tersebut 77% nya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya.

Karenanya, ASDP berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah dalam menekan jumlah kecelakaan lalin yang didominasi oleh sepeda motor, dan mendukung perhelatan Angkutan Lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat.

Diungkapkan bahwa saat ini pendaftaran mudik gratis bersama ASDP sudah ditutup dan bagi peserta yang sudah mendaftar, khususnya untuk Lintasan Jakarta – Bandar Lampung dapat melakukan daftar ulang di kantor pusat ASDP dengan jadwal 2-3 April 2024 pukul 10.00-16.00 WIB dengan membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, serta surat kuasa perwakilan pengambilan tiket bagi pengganti peserta yang sebelumnya mengundurkan diri.

 

4 dari 4 halaman

Lintasan dan Kuota

Peserta yang sudah melakukan daftar ulang akan mendapatkan tiket mudik yang memiliki nomor kursi sesuai dengan urutan daftar ulang, beserta merchandise menarik dari Mudik Asyik bersama BUMN.

“Keberangkatan kapal dijadwalkan pada Jumat, 5 April 2024 dan waktu keberangkatan mengikuti tiket yang sudah dipesan oleh pemudik sebelumnya,” ujar Shelvy.

Adapun lintasan dan kuota yang dibuka sebelumnya, diantaranya:

  • Jakarta - Bandar Lampung dengan kuota 40 orang;
  • Hunimua - Waipirit dengan kuota 560 orang;
  • Bajoe - Kolaka dengan kuota 200 orang.

"Kami juga kembali mengingatkan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang untuk memperhatikan kesehatannya dan tetap mematuhi prokes dengan menggunakan masker dan menjaga kebersihan. Kami harap masyarakat yang telah memilih mudik bersama ASDP dapat menikmati perjalanan mudiknya hingga sampai ke tempat tujuan," tandas Shelvy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.