Sukses

Harga Emas Antam Stabil Hari Ini 18 Maret 2024, Simak Daftarnya di Sini

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) stabil di posisi Rp 1.193.000 pada perdagangan Senin, 18 Maret 2024. Cek daftar lengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau harga emas Antam stagnan pada perdagangan Senin (18/3/2024). Harga emas Antam tetap di posisi Rp 1.193.000 per gram, sama jika dibandingkan dengan perdagangan kemarin.

Demikian juga untuk harga emas Antam untuk pembelian kembali atau buyback juga tetap di Rp 1.085.000 per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda ingin menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 1.085.000 per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Anda dapat memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Hingga pukul 08.14 WIB, harga emas Antam sebagian besar masih ada.

Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Berikut rincian harga emas Antam hari ini, melansir laman logammulia.com:

  • Harga emas Antam 0,5 gram:Rp 646.500
  • Harga emas Antam 1 gram: Rp 1.193.000
  • Harga emas Antam 2 gram: Rp 2.326.000
  • Harga emas Antam 3 gram: Rp 3.464.000
  • Harga emas Antam 5 gram: Rp 5.740.000
  • Harga emas Antam 10 gram: Rp 11.425.000
  • Harga emas Antam 25 gram: Rp 28.437.000
  • Harga emas Antam 50 gram : Rp 56.795.000
  • Harga emas Antam 100 gram: Rp 113.512.000
  • Harga emas Antam 250 gram: Rp 283.515.000
  • Harga emas Antam 500 gram: Rp 566.820.000
  • Harga emas Antam 1.000 gram: Rp 1.133.600.000

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prediksi Harga Emas Dunia Pekan Ini

Sebelumnya diberitakan, harga emas dunia diperkirakan berkonsolidasi di sekitar rekor tertinggi baru-baru ini, para investor mencari nilai di area lain di pasar logam mulia karena mungkin ini adalah giliran harga perak, menurut beberapa analis.

Meskipun harga emas mengalami lonjakan momentum bullish pada bulan ini, pasar perak relatif tenang, tetapi ada beberapa tanda investor akhirnya menaruh perhatian pada pasar karena rasio emas/perak tampaknya akan mengakhiri minggu ini pada titik terendah sepanjang tahun ini. 

Rasio tersebut saat ini diperdagangkan sekitar 85,50 poin, turun tajam dari 89 poin yang terlihat pada awal pekan lalu. Lantas bagaimana potensi emas dan perak pada pekan ini? 

Potensi Harga PerakPasar perak menikmati kondisi terbaik karena emas dan tembaga mendorong harga lebih tinggi. Tembaga mengakhiri minggu ini pada level tertinggi dalam 10 bulan, dengan harga lebih dari USD 4 per pon.

Banyak analis mengatakan bahwa agar pasar logam mulia dapat mempertahankan momentum bullishnya saat ini, pasar perlu melihat tindak lanjut pembelian perak yang solid pada pekan ini.

 

3 dari 4 halaman

Potensi Harga Perak

Direktur pendidikan perdagangan dan penelitian di Market Gauge, Michele Schneider mengatakan ia optimis terhadap emas dan perak dalam waktu dekat, namun perak tetap menjadi lindung nilai inflasi yang menarik karena permintaan industrinya.

“Apakah perak bersiap untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi gelombang kedua yang besar? Ataukah, dengan harga emas di atas USD 2.100 dan perak terlihat sangat murah, dan Anda semakin tersingkir dari kalangan terbawah?”, ujar Schneider, dikutip dari Kitco, Senin (18/3/2024).

Meskipun kedua faktor tersebut mungkin berperan, Schneider memperkirakan perak akan naik lebih tinggi sebelum mencapai potensi penuhnya.

Carsten Fritsch, analis logam mulia di Commerzbank, mencatat perak mulai menarik minat investor yang signifikan karena ETF yang didukung perak telah mengalami pertumbuhan besar dengan arus masuk besar.

“Ini sekaligus membalikkan semua arus keluar sejak awal tahun. Investor ETF mungkin melihat perak sebagai alternatif yang lebih murah dibandingkan emas. Berbeda dengan harga emas, perak masih jauh untuk mencapai rekor tertingginya,” kata Fritsch.

4 dari 4 halaman

Potensi Emas

Meskipun perak telah menjadi permainan nilai yang menarik di sektor logam mulia, Schneider mengatakan masih ada banyak potensi untuk emas karena ia mempertahankan dukungan awal di atas USD 2.150 per ounce, yang merupakan level resistensi selama reli tertinggi pada Desember.

Meski menguat, Schnieder mengatakan emas masih terlihat murah dibandingkan pasar ekuitas. Dia menunjukkan bahwa Dow Jones Industrial Average cukup tinggi dibandingkan dengan posisi terendah yang dicapai setelah Krisis Keuangan Besar pada 2008.

“Sehubungan dengan potensi pertumbuhannya, emas terlihat murah. Sekarang, jika kita beralih dari emas ke perak dibandingkan dengan ekuitas, harganya benar-benar sangat murah,” kata Schneider.

Meskipun emas dan perak memiliki banyak ruang untuk naik, para analis memperingatkan investor sektor logam mulia dapat mengalami beberapa volatilitas minggu depan menjelang pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve.

Data Ekonomi

Schneider mengatakan data ekonomi mulai melemah, dan Federal Reserve mungkin terpaksa mengalihkan fokusnya dari inflasi ke arah mendukung perekonomian. Ia mengatakan hal ini akan berdampak positif bagi emas dan perak.

Schneider mengatakan dia mengharapkan Federal Reserve untuk berbicara secara terbuka, menandakan penurunan suku bunga tahun ini namun menegaskan kembali bahwa mereka akan tetap bergantung pada data.

“Dalam kondisi ini, apa pun yang mengisyaratkan penurunan suku bunga akan menjadi hal yang bullish bagi logam mulia,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.