Sukses

Gen Z Cenderung Ogah Gabungkan Keuangan dengan Pasangan, Ini Alasannya

Pasangan Gen Z lebih cenderung untuk memisahkan keuangan mereka dari generasi sebelumnya. Menggabungkan keuangan dengan pasangan bisa menjadi tonggak penting dalam hubungan Anda. Inilah alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Gen Z lebih cenderung untuk memisahkan keuangan mereka dari generasi sebelumnya. Menggabungkan keuangan dengan pasangan bisa menjadi tonggak penting dalam hubungan Anda. Inilah alasannya.

Menurut sebuah penelitian terbaru dari Bankrate, hampir dua dari setiap lima pasangan yang tinggal bersama, atau 39%, sepenuhnya menyatukan pengelolaan keuangan mereka, baik yang sudah menikah maupun belum, melansir CNBC Kamis (8/2/2024).

Cara pasangan menangani keuangan bersama berbeda-beda menurut generasi. Generasi Z, atau mereka yang berusia 18-27 tahun, adalah yang paling mungkin untuk memisahkan keuangan mereka dari pasangannya, yaitu sebesar 38%.

Sebaliknya, generasi baby boomer, atau mereka yang berusia 60 hingga 78 tahun, adalah generasi yang paling mungkin untuk mengintegrasikan keuangan mereka sepenuhnya dengan pasangan mereka (44%).

Pada bulan Desember, Bankrate menanyai 2.233 orang dewasa AS, 1.124 di antaranya sudah menikah atau tinggal bersama pasangan.

"Satu hal yang muncul adalah kecemasan, 'Apakah saya akan kehilangan otonomi saya jika saya menggabungkan keuangan saya?" kata terapis keuangan Lindsay Bryan-Podvin, seorang ahli keuangan perilaku di Bread Financial dikutip dari CNBC, Senin (10/3/2024).

Menurut sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh organisasi jasa keuangan tersebut, hampir setengah (46%) orang yang berpasangan memisahkan keuangan mereka demi menjaga kemandirian finansial. Survei ini dilakukan terhadap 1.659 orang dewasa di Amerika Serikat pada awal Januari.

"Kami tidak ingin pasangan kami berubah menjadi orang tua semu," kata Bryan-Podvin. "Ketika kita kehilangan kemandirian finansial, kita tiba-tiba mendapatkan dinamika antara check and balance versus kesetaraan," lanjutnya.

Menurut Bankrate, 36% pasangan yang tinggal bersama dan berpenghasilan kurang dari USD 50.000 per tahun memisahkan dana mereka.

"Rumah tangga berpenghasilan rendah sering kali terdiri dari orang dewasa yang lebih muda," kata Ted Rossman, seorang analis industri senior di Bankrate. "Perpotongan antara orang dewasa muda dan mereka yang berpenghasilan lebih rendah mungkin dapat membantu menjelaskan beberapa kesenjangan tersebut," tambah dia.

"Dalam rumah tangga berpenghasilan rendah, kemungkinan besar keuangan tetap terpisah karena berbagai alasan," kata Bryan-Podvin. Ia menambahkan bahwa mereka lebih cenderung memiliki kekhawatiran terhadap lembaga keuangan dan mungkin bertindak di luar sistem perbankan biasa.

Menurut Bryan-Podvin, orang dewasa muda mungkin merasa malu dengan pinjaman mahasiswa atau utang kartu kredit mereka. Dana terpisah memungkinkan mereka untuk merahasiakan masalah keuangan mereka.

Gen Z juga tumbuh dengan ponsel di tangan mereka atau akses mudah ke aplikasi dan teknologi, yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya, menurut Bryan-Podvin.

Akibatnya, individu-individu ini mungkin tidak memahami nilai dari keuangan bersama, terutama ketika mereka hanya berkontribusi pada pengeluaran bersama dengan menggunakan aplikasi seperti Venmo atau Zelle.

"Jauh lebih mudah untuk mengirim dan meminta uang melalui berbagai aplikasi," jelas Bryan-Podvin. "Ini adalah bagian dari keterikatan mereka dengan teknologi yang mereka miliki dan bagaimana hal tersebut menjadi sedikit lebih normal," tambahnya. 

Namun, tidak semua pasangan Gen Z memisahkan keuangan mereka. Menurut Bankrate, sekitar 34% pasangan Gen Z yang tinggal bersama mengintegrasikan keuangan mereka secara penuh. Sementara 28% lainnya memiliki kombinasi milik Anda, milik saya, dan milik kami.

Meskipun kemandirian finansial mungkin menjadi keinginan beberapa pasangan, ada beberapa keuntungan jika Anda dan pasangan hidup bersama.

Bagaimana 'milikmu, milikku, dan milik kita' dapat meredakan kekhawatiran. Menurut Bankrate, sekitar 38% pasangan yang tinggal bersama menggunakan kombinasi rekening bersama dan rekening terpisah, sementara 24% lainnya memisahkan keuangan mereka sepenuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menciptakan Keseimbangan yang Sehat

Para ahli merekomendasikan agar pasangan mempertimbangkan untuk mempertimbangkan gambaran keuangan "milikmu, milikku, dan milik kita" karena hal ini dapat membantu mereka menikmati yang terbaik dari kedua hal tersebut.

Rekening individu memberikan kebebasan finansial dalam hubungan, sementara rekening bersama menangani komitmen bersama."Rekening milikmu, milikku, dan milik kita bisa meringankan banyak kekhawatiran ini," lanjut Rossman.

"Ini bisa menjadi cara yang sehat untuk mengelola uang selama Anda menyepakati sebuah kerangka kerja.

"Uang dapat menjadi sumber utama konflik dalam hubungan, seperti halnya "perselingkuhan finansial," yang merupakan praktik menyembunyikan pembelian tertentu atau realitas keuangan.

Bread Financial menemukan bahwa lebih dari separuh, atau 48%, pasangan telah membuat keputusan keuangan secara pribadi tanpa memberi tahu pasangannya.

Sekitar 16% responden yang sudah menikah menyembunyikan pembelian dari pasangannya, sementara 22% mengaku menyembunyikan saldo kartu kredit. Menurut Bread Financial, 12% responden pria mengaku menyembunyikan kepemilikan bitcoin dari pasangannya, dibandingkan dengan hanya 4% responden wanita.

Menurut Bryan-Podvin, pasangan yang menghargai kemandirian finansial harus terlibat dalam diskusi yang terbuka dan jujur tentang uang.

Jika Anda dan pasangan memutuskan untuk menggabungkan keuangan untuk kewajiban bersama, bicarakan berapa banyak yang harus dikontribusikan oleh masing-masing orang ke rekening bersama. Diskusi semacam itu juga membantu Anda untuk saling memahami dan memberikan otonomi finansial, jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.