Sukses

Mau Investasi Besar-Besaran di Indonesia, Ternyata VinFast Masih Rugi Rp 8,6 Triliun

Produsen kendaraan listrik yang dimiliki oleh investor asal Vietnam, VinFast mengungkapkan hasil bisnisnya untuk kuartal keempat tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta Produsen kendaraan listrik yang dimiliki oleh investor asal Vietnam, VinFast mengungkapkan hasil bisnisnya untuk kuartal keempat tahun 2023 dengan pendapatan sebesar USD 437 juta.

Ini merupakan peningkatan 133 persen dibandingkan dengan waktu yang sama tahun sebelumnya. Namun demikian, produsen mobil ini mengalami kerugian sebesar VND4,2 triliun, meskipun pendapatan mereka benar-benar meningkat.

Ketika tahun 2023 berakhir, VinFast mengalami kerugian konsolidasi sebesar USD 552 juta atau setara dengan Rp 8,6 triliun dan penjualan USD 1,2 miliar, yang merupakan 1,9 kali lipat dari tahun sebelumnya sebagaimana yang dikutip dari VietnamNet, ditulis Senin (4/3/2024).

Pada tahun 2023, perusahaan ini menyediakan 34.855 mobil listrik, yang mewakili peningkatan 48 persen dari tahun sebelumnya. Selain itu, perusahaan ini juga menjual 72.468 sepeda motor listrik. Sebagai hasilnya, VinFast mengalami penurunan kerugian, dan peningkatan margin keuntungan dapat dikaitkan dengan optimalisasi manajemen biayanya.

Laporan yang dihasilkan VinFast mencakup ambisi ambisius untuk menghadirkan seratus ribu mobil listrik pada tahun 2024.

Pada akhir tahun ini, VinFast bermaksud untuk membangun total 400 titik penjualan di seluruh dunia, di samping 130 titik penjualan di Amerika Utara.

Tembus Pasar India dan Indonesia

Untuk memperluas kehadirannya di pasar, VinFast semakin kuat. VinFast berniat untuk menembus pasar Indonesia dan India, antara lain.

Optimalisasi biaya produksi dan material, serta investasi modal (juga dikenal sebagai Capex), biasanya dianggap sebagai solusi yang signifikan untuk memperluas pasar.

Pimpinan VinFast, Le Thi Thu Thuy, menyatakan bahwa produsen mobil listrik ini telah mencapai sejumlah pencapaian penting, termasuk pencatatan perusahaan di bursa saham Nasdaq, pengenalan sejumlah besar produk baru, dan pertumbuhan jaringan distribusi.

Namun demikian, perusahaan yang dimiliki oleh Pham Nhat Vuong, seorang miliarder ini juga mengalami kesulitan dalam proses memobilisasi dana di sektor keuangan Amerika Serikat, yang sedang mengalami aliran modal investasi yang berhati-hati.

Dalam hal menginvestasikan uang di berbagai industri, termasuk teknologi dan kendaraan listrik, para calon investor sangat berhati-hati. AI hanya kuat dalam hal aliran keuangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Sahamnya

Seperti yang dilaporkan oleh DealStreetAsia, VinFast dilaporkan sedang mengerjakan strategi baru untuk mengumpulkan dana dari individu yang sangat kaya dengan membentuk kolaborasi dengan FORCE Family Office, yang berbasis di Amerika Serikat dengan kantor pusat di Singapura.

VinFast telah mengklaim bahwa persentase saham yang mengalir bebas di Nasdaq akan meningkat dari level saat ini sebesar dua persen menjadi sepuluh hingga dua puluh persen pada akhir tahun. Tindakan ini akan berkontribusi pada peningkatan likuiditas saham VFS dan akan bermanfaat bagi mobilisasi modal jangka panjang.

Pada tanggal 22 Februari, harga saham Vingroup (VIC) kembali naik, dari VND42.000 menjadi VND47.600.

Selain itu, harga saham Vinhomes (VHM) dan Vincom Retail (VRE) juga mengalami peningkatan, yang telah berkontribusi pada peningkatan aset Vuong sebesar USD 300 juta, sehingga totalnya menjadi USD 4,8 miliar pada saat itu.

Menurut Deccan Herald, VinFast telah diberikan sebidang tanah di India seluas 400 hektar yang terletak di zona industri yang didirikan oleh SIPCOT.

Lahan ini akan digunakan untuk pabrik pertama perusahaan di India. Sementara itu, VinFast berencana untuk menginvestasikan setidaknya dua belas miliar dolar di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.